Gofur Ajukan Ajudikasi ke Bawaslu

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 13:27:42 WIB   |  dibaca: 249 kali
Gofur Ajukan Ajudikasi ke Bawaslu

AJUKAN KEBERATAN : Abdul Gofur (kedua dari kanan) didampingi kuasa hukumnya dari LBH Ansor Banten menyerahkan berkas keberatan kepada Bawaslu Kabupaten Serang, Senin (12/8).

SERANG, BANTEN RAYA – Calon anggota DPRD Kabupaten Serang daerah pemilihan (dapil) Serang 1 Abdul Gofur yang kemenangannya didiskualifikasi oleh KPU RI mengajukan ajudikasi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang. Ajudikasi diambil agar Bawaslu Kabupaten Serang mengambil sikap terkait pembatalannya sebagai calon anggota DPRD terpilih.

“Hari ini (kemarin-ren) saya bersama pengurus LBH (lembaga bantuan hukum) Ansor Banten resmi mengirimkan berkas kepada Bawaslu Kabupaten Serang terkait keberatan kami atas keputusan KPU Kabupaten Serang Nomor: 48/HK.03.1-Kpt/3604/KPU-Kab/VIII/2019 tentang Penetapan Calon Terpilih anggota DPRD Kabupaten Serang,” kata Gofur, Senin (12/8).

Pria yang saat ini masih duduk di Komisi I DPRD Kabupaten Serang  itu menjelaskan, berkas atau surat yang disampaikan tersebut sebagai bahan pertimbangan Bawaslu Kabupaten Serang. “Laporan yang kami sampaikan ke Bawaslu untuk ajudikasi yang seadil-adilnya atau Bawaslu akan melakukan tanggapan, usulan atau keberatan seperti yang kami sampaikan pada pleno KPU kemarin,” ujarnya.

Politisi PKB itu menuturkan, selain mengajukan ajudikasi kepada Bawaslu Kabupaten Serang, pihaknya juga melakukan upaya hukum melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Kami sangat berharap Bawaslu bisa menindaklanjuti apa yang kami sampaikan secepatnya dan tidak mengabaikan hak-hak saya. Kami juga akan melakukan gugatan ke PTUN tapi untuk ke PTUN harus teregister dulu,” paparnya.

Gofur meyakini jika putusan KPU telah menyalahi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Sedangkan Bawaslu Kabupaten Serang dinilai menyalahi Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum. “Intinya kami sedang menuntut keadilan yang seadil-adilnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi belum berkomentar banyak terkait keberatan Abdul Gofur yang disampaikan kepada Bawaslu tersebut. “Kita masih melakukan kajian semoga secepatnya bisa ada keputusan. Dari hasil kajian itu nanti kami akan mengambil langkah apa saja terkait keberatan Pak Abdul Gofur tersebut,” katanya. (tanjung/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook