Pantau Kondisi Lingkungan Warga Pakai Drone

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:10:24 WIB   |  dibaca: 192 kali
Pantau Kondisi Lingkungan Warga Pakai Drone

PANTAU LINGKUNGAN : Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Umum, Kelurahan Sukmajaya Andi Shofandi dan Seklur Sukmajaya, Edi Juniwin saat melakukan pemantauan lingkungan dengan drone, Selasa (13/8).

CILEGON, BANTEN RAYA – Kemajuan teknologi dimanfaatkan oleh Pemerintah Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang. Sebagai bentuk inovasi mendukung program smart city, Kelurahan Sukmajaya menggunakan drone untuk memantau kondisi lingkungan warganya.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umum, Kelurahan Sukmajaya, Andi Shofandi menyatakan, dalam memantau lingkungan pihaknya sudah menggunakan teknologi drone. Hal itu merupakan pengembangan atau inovasi dari adanya Closed Circuit Television (CCTV) yang sebelumnya sudah ada, sehingga dalam pemantauan lingkungan lebih berjalan efektif dan efisien.

“CCTV sudah dipasang di kantor. Sekarang ini untuk pemantauan lingkungan kami gunakan teknologi yang lebih canggih berupa drone. Ini bisa menjangkau semua wilayah lingkungan se-Kelurahan Sukmajaya,” katanya kepada Banten Raya saat melakukan pemantauan lingkungan lewat drone, Selasa (13/8).

Andi menjelaskan, pementauan sendiri dilakukan secara rutin setiap hari oleh pihak kelurahan, sehingga lingkungan bisa terpantau. Khususnya, kata Andi, ketika saat musim kebakaran serta nanti musim penghujan atau banjir.“Bisa nanti mantau kondisi seperti jika ada kebakaran serta adanya banjir di lingkungan,” imbuhnya.

Disisi lain, papar Andi, pihaknya juga bisa melakukan pemantauan terhadap bidang tanah. Hal tersebut semakin memberikan kemudahan pemerintah dalam hal lahan atau bidang tanah.“Sama juga digunakan untuk memantau lahan atau tanah yang tidak bisa dijangkau secara manual,” paparnya.

Seklur Sukmajaya, Edi Juniwin mengungkapkan, program inovasi pantauan lingkungan lewat drone merupakan bagian dari mendukung program Smart City yang terus digaungkan Pemkot Cilegon. “Drone ini merupakan bagian dari pemerintah kelurahan mendukung program smart city. Drone ini bisa melakukan pematauan dengan seksama kondisi lingkungan. Bahkan jangkauannya sendiri sampai 19 km (kilo meter),” ungkapnya.

Lurah Sukmajaya, Ade Riski Kurniawan meyampaikan, jangkaun lingkungan yang menyeluruh lewat drone diharapkan bisa membuat kondisi ketertiban lingkungan lebih baik, sehingga seluruh lingkungan bisa terpantau lewat kamera terpasang di drone. “Lebih menyeluruh, efektif dan efisien. Pemerintah bisa memantau lingkungan cukup hanya dengan android yang dimainkan,” pungkasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook