Hasil Wawancara Eselon II Dibahas Pekan Depan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 14 Agustus 2019 - 12:21:16 WIB   |  dibaca: 132 kali
Hasil Wawancara Eselon II Dibahas Pekan Depan

DIGILIR : Salah satu Kepala OPD memasuki ruang wawancara yang dilakukan Tim Pansel, Selasa (13/8).

CILEGON, BANTEN RAYA - Sebanyak 29 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah selesai menjalani tes wawancara yang dilakukan Tim Panitia Seleksi (Pansel), Selasa (13/8). Hasil tes wawancara yang dilakukan akan disimpulkan dalam rapat tim yang akan dilakukan pekan depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati mengatakan, 29 pejabat yang telah melakukan proses assessment di Lembaga Administrasi Negara (LAN) tersebut selesai wawancara dengan tim pansel. Hasil wawancara tersebut secepatnya akan disampaikan ke walikota Cilegon, Edi Ariadi untuk selanjutnya dilakukan mutasi dan rotasi pejabat eselon II.

“Setelah proses wawancara selesai, kami tim pansel akan melakukan rapat terlebih dahulu sebelum menyampaikan hasilnya ke Pak Wali (Walikota Cilegon, Edi Ariadi -red),” kata Sari ditemui di salah satu hotel di Kota Cilegon, Selasa (13/8) petang.

Disinggung hasil wawancara, Sari tersenyum dan mengisayaratkan hasil yang memuaskan. Sari yang juga sebagai Ketua Tim Pansel, menjelaskan, proses wawancara dilakukan karena amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, juga untuk mempertajam hasil assessment di LAN, beberapa waktu lalu. Pekan depan, rencananya tim pansel akan kembali menggelar rapat menyikapi hasil penilaian wawancara yang dilakukan. “Apakah nanti pansel merekomendasikan pejabat ini duduk di mana, kita belum tahu. Nanti akan ada rapat lagi tim pansel,” ungkapnya.

Setelah hasil tes wawancara yang akan disampaikan tim pansel ke Walikota, kata Sari, tahapan mutasi dan rotasi juga harus meminta persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terlebih dahulu, baru bisa dilakukan mutasi dan rotasi oleh walikota Cilegon. “Cepat atau tidaknya itu tergantung pimpinan, kalau Pak Wali ingin cepat ya kita segera minta persetjuan KASN, hak prerogratif pimpinan,” tuturnya.

Ditanya materi yang ditanyakan lima tim pansel, semuanya melontarkan pertanyaan yang berbeda-beda. “Pertanyaan utamanya terkait tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kerja, kemudian pengetahuan terkait otonomi daerah mana yang menjadi kewenangan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Ditanyakan juga terkait prestasi yang telah diraih pejabat serta inovasi yang akan dilakukan kedepan, serta komitmen penyelesaian RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” paparnya.

Untuk diketahui, tes wawancara kedua dilakukan terhadap Kepala Dinas Koperasi dan UMK, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo), Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud),

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sekretrais DPRD, dan tiga staf ahli walikota.Sebelumnya, tim pansel telah mewawancarai 12 kepala OPD dan tiga asda Pemkot Cilegon.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Andi Affandi usai menjalani wawancara, mengaku jika pertanyaan yang dilontarkan tim pansel ke dirinya seputar tupoksi kerjanya saja. Ia mengaku tidak diberi pertanyaan terkait keinginannya menduduki jabatan mana. "Pertanyaan secara umum saja, bagaimana melihat Kota Cilegon kedepan, dan program apa yang akan kita jalankan," kata mantan Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan (Disperla) ini.

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Tb Didi Sukriadi juga mengatakan, pertanyaan masih seputar tupoksi yang saat ini dijalaninya. Mengingat Ia duduk di Sekretaris DPRD Cilegon, pertanyaannya juga seperti hubungan lembaga eksekutif dan legislatif. "Hasilnya kami serahkan ke pimpinan," ujarnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook