Tingkatkan IPM dan APK, UT Beri 50 Beasiswa

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:23:45 WIB   |  dibaca: 162 kali
Tingkatkan IPM dan APK, UT Beri 50 Beasiswa

BEASISWA: Suasana sosialisasi beasiswa yang langsung dipimpin oleh Kepala UPBJJ UT Serang Maman Rumanta (kiri) di auditorium Kampus UT, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Dalam target peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi, Universitas Terbuka (UT) memberikan 50 beasiswa di dua wilayah, tingkat persentase IPM dan APK perguruan tinggi di indonesia saat ini hanya mencapai 32.4% jauh tertinggal dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, hal ini menuntut sinergitas antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah untuk bekerjasama menuntaskan persoalan kemiskinan yang menjerat masyarakat kalangan bawah yang sulit mengenyam bangku kuliah.

Hal tersebut disadari penting oleh universitas Terbuka UP-BJJ Serang yang terus berupaya mendongkrak IPM dan APK tersebut. Terungkap dalam pertemuan antara siswa dan orangtua penerima program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) pada Selasa (13/08) di Aula Universitas Terbuka Serang, Jalan Raya Jakarta Km 7, Kecamatan Cipocok Jaya, Penancangan Kota Serang.

Tercatat sekitar 50 calon mahasiswa terseleksi dari Kabupaten Serang dan Kota Serang mendapatkan Beasiswa Bidik Misi dan CSR program studi akutansi dan adiministrasi negara yang diberikan oleh pihak Universitas Terbuka, acara tersebut dibuka oleh kepala UPBJJ Serang dr.Maman Rumanta serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugraha Jaya.

Dalam sambutanya Kepala UPBJJ  UT Serang, Maman Rumanta menuturkan Beasiswa tersebut bagian dari trigger pihak UT untuk daerah yang  semangat berpartisipasi meningkatkan SDM di wilayahnya, tahun ini ada dua wilayah yakni Kabupaten Serang dan Kota Serang di Banten, sebelumnya Kabupaten Pandeglang dan Lebak sudah lebih dahulu menerima beasiswa tersebut "Universitas Terbuka yang sarat dengan pembelajaran digital dipilih sebagai salah satu partner pemerintah untuk peningkatan kualitas SDM di Indonesia, diantaranya dari Kota dan Kabupaten Serang" tukasnya Maman. Diharapkan kedua daerah yang masyarakatnya menerima beasiswa tersebut nantinya dapat bekerjasama untuk meningkatkan SDM.

Sementara Kadis Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugraha Jaya menjelaskan calon mahasiswa penerima beasiswa CSR dari UT sudah hasil seleksi dari 29 kecamatan, sebelumnya pihaknya telah mengusulkan 84 Calon mahasiswa, namun terseleksi 25 orang, dan syarat lainnya calon mahasiswa harus sesuai KTP domisili, "mereka harus lulus dari SMK dan SMA  yang ada di Kabupaten Serang, dan tentunya menggunakan azas domisili yang dibuktikan dari KTP dan KK" ujarnya.

Menurut Asep beasiswa CSR terbesar tahun ini diberikan oleh Universitas Terbuka dengan quota 25 siswa, dan pihaknya berharap alumni nantinya bisa memiliki kualifikasi memadai " alumninya nanti bener-bener punya kualifikasi yang sesuai dengan program studi yang diikuti, karena saya berfikir program studi akuntansi diperlukan disetiap lembaga maupun pemerintah, BUMN ataupun swasta" tuturnya.

Tahun ini UT Serang menargetkan jumlah mahasiswa baru mencapai 28 ribu, karena target nasional diungkapkan kepala UT sebesar 1 juta siswa baru, agar selaras dengan pencapaian indek APK tadi, pihaknya terus berupaya salah satunya dengan membangun Gedung baru UT yang nantinya akan dibangun tahun 2020 mendatang, dengan luas 15,000m,  persis disamping gedung lama, dengan fasilitas lengkap dan mewah. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook