Lubang di Jalan Alun-Alun Berbahaya

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:38:56 WIB   |  dibaca: 122 kali
Lubang di Jalan Alun-Alun Berbahaya

BERLUBANG: Pengendara sepeda motor melintas di jalan seputaran Alun-Alun Timur kondisinya berlubang, Kota Serang, Selasa (13/8).

SERANG, BANTEN RAYA- Jalan seputaran Alun-alun Timur dan Barat, Kota Serang kini banyak lubang. Setidaknya ada 20 titik lubang berada di jalan sekitar Alun-alun. Diduga kerusakan jalan di tengah kota itu karena kondisi hotmik aspal kurang bagus, sehingga ketika beberapa waktu lalu diguyur hujan kondisi aspalnya pun tergerus air hujan.

Berdasarkan pantauan Banten Raya, ukuran lubang jalan bervariasi, mulai dari diameter kecil hingga besar.Rahmat, salah seorang juru parkir Alun-alun Timur mengatakan, jalan seputaran Alun-alun itu sebelumnya pernah diperbaiki oleh instansi terkait.

Namun karena beberapa waktu lalu musim hujan, lama kelamaan kerusakan jalan pun semakin membesar dan titik-titik lubang pun bertambah banyak.“Dulu juga sudah diperbaiki kanan-kiri jalannya, karena kena hujan akhirnya kerusakan sedikit jadi besar dan banyak,” kata Rahmat yang ditemui di lokasi.

Ia menilai kerusakan jalan rusak yang berada di ruang publik itu sangat tidak logis. Karena menurutnya, kawasan tersebut merupakan area yang selalu ramai dilalui oleh kendaraan baik roda dua dan roda empat.“Gak logis aja di tengah kota masih ada jalan yang berlubang. Apalagi Kota Serang kan ibukota provinsi,” ucap dia.

Rahmat mengaku dirinya belum pernah melihat secara langsung terjadi musibah kecelakaan akibat di jalan rusak, namun dirinya berharap pemerintah secepatnya menangani kerusakan jalan alun-alun. Rahmat mengaku khawatir kerusakan itu akan memakan korban bagi pengendara yang melintas, khususnya pada malam hari.

“Saya belum pernah lihat (kecelakaan). Soalnya kan saya batas kerjanya sampai jam 2 siang. Takutnya kan kalau orang yang lewat sini gak tahu lewat sini, tahu-tahunya ngebut takut jatuh doang," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ridwan berjanji secepatnya meninjau ke lokasi karena pihaknya belum mengetahui persis jalan seputaran Alun-alun Timur dan Barat itu kewenangan OPD mana.

“Alun-alun barat dan timur itu kan dipelihara oleh perkim. Kalau jalannya nanti kita lihat kewenangannya itu di perkim atau kita. Kalau kewenanganya di kita nanti kita pelihara,” ujar Ridwan, kepada wartawan via ponselnya.

Ia menyatakan, rencananya jika diperbaiki jalan seputaran alun-alun itu hanya akan diaspal hotmik. Hal itu karena menyesuaikan dengan anggaran yang ada. “Enggak kayaknya masih tetap hotmik. Kalau kualitas aspal kan tidak bisa dilihat secara kasat mata kan apakah bagus atau tidaknya. Kualitas itu kan harus dibuktikan melalui laboratorium. Tapi kelihatannya sih itu tetap kalau diperbaiki akan tetap dihotmik,” katanya. (harir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook