Koperasi Belum Diminati Anak Muda

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:52:24 WIB   |  dibaca: 254 kali
Koperasi Belum Diminati Anak Muda

AKRAB : Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mencicipi bakso yang tersedia dalam kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-72 di Ciruas, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA - Keberadaan koperasi di Kabupaten Serang belum diminati oleh anak muda atau kaum milenial karena secara ekonomi koperasi dinilai belum menjanjikan. Akibat dari minimnya minat anak muda tersebut koperasi sulit berkembang.

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengatakan, keberadaan koperasi di Kabupaten Serang diharapkan dapat bersinergis dengan kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga menjadi usaha andalan di tengah-tengah masyarakat. "Kita harus menarik anak muda masuk ke koperasi," kata Tatu di sela-sela peringatan Hari Koperasi ke-72 di Lapangan Taman Ciruas Permai, Kecamatan Ciruas, Selasa (13/8).

Tatu menjelaskan, keberadaan anak muda yang masuk ke koperasi sangat diperlukan karena mereka lebih memahami informasi teknologi (IT) sehingga koperasi bisa berkembang dengan cepat. "Selama ini koperasi terkesan hanya diisi oleh orang-orang tua yang biasanya gaptek (gagap teknologi). Kalau kita lihat anak muda yang masuk koperasi masih minim. Ini harus terus didorong," ujarnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Banten itu menuturkan, masih banyak urusan rumah tangga (PR) terkait dengan pengembangan koperasi di Kabupaten Serang di antaranya penguatan sumber daya manusia (SDM). "Pembinaan koperasi bukan hanya urusan diskoperindag tapi menjadi urusan dinas terkait seperti dinas pertanian dan dinas sosial," tuturnya.

Selain itu, pihaknya mendorong kelompok-kelompok UMKM untuk membentuk koperasi sebagai wadah bersama untuk membantu permodalan usaha dari masing-masing anggotanya. "Tidak perlu diragukan lagi kekuatan ekonomi mikro ini sangat luar biasa. Saya mengucapkan selamat untuk koperasi yang mendapat penghargaan baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten," paparnya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang Abdul Wahid mendorong koperasi di Kabupaten Serang yang jumlahnya mencapai 700 bisa mengakomodir dan mengajak anak-anak muda untuk bergabung. "Kalau kita lihat memang anak muda ini belum banyak yang gabung ke koperasi tapi mereka sudah mulai tertarik, terutama kepada koperasi-koperasi yang sudah mulai berkembang dan maju," katanya.

Wahid mengungkapkan, pada peringatan Hari Koperasi ke-72 tersebut, pihaknya memberikan penghargaan terhadap sejumlah koperasi. "Alhmdulillah sekarang ini banyak koperasi yang sudah mulai berbagi dan membantu masyarakat seperti membangun rumah layak huni, merehab pesantren, dan memberi santunan kepada anak-anak yatim," tuturnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook