Berkas Lengkap, KPU Usulkan Pelantikan Dewan Terpilih

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 15 Agustus 2019 - 12:12:36 WIB   |  dibaca: 191 kali
Berkas Lengkap, KPU Usulkan Pelantikan Dewan Terpilih

PENETAPAN : Suasana rapat pleno penetapan DPRD Kota Cilegon terpilih, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon Kamis (15/8) hari ini akan menyerahkan berkas usulan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon terpilih ke Pemprov Banten melalui Pemkot Cilegon.

Semua berkas persyaratan dinilai sudah lengkap, sehingga diusulkan. Termasuk, bukti atau tanda terima Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi menyatakan, seluruh berkas sudah diselesaikan oleh KPU Kota Cilegon, diantara Surat Keputusan (SK) KPU Kota Cilegon untuk dewan terpilih, berita acara penetapan pleno dewan terpilih, dokumen pencalonan, dan data calon. KPU Kota Cilegon tidak ingin mengulur waktu dalam pengusulan pelantikan.“Sudah lengkap semuanya, tinggal besok (Hari ini_red) kami sampaikan kepada Pemkot Cilegon untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Banten,” katanya kepada Banten Raya, Rabu (14/8).

Menurut Irfan, tidak ada keberatan dari parpol dan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon terhadap hasil pleno penetapan dewan terpilih, sehingga pihaknya tidak mau menunda pengusulan pelantikan.

“Kemarin (Senin, 12/8) tidak ada yang mengisi formulir E2 (Berkas keberatan terhadap hasil pleno_red), sehingga sekarang ini kami langsung fokus untuk melengkapi berkas yang akan diusulkan, termasuk juga kami sudah jauh-jauh hari mengimbau kepada dewan terpilih untuk melengkapi tanda terima LHKPN,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Daerah I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cilegon, Taufiqurrohman menyatakan, pihaknya akan segera mengusulkan kepada Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim jika berkas sudah diterima dan disampaikan KPU kepada Pemkot Cilegon.

Sebab, posisi Pemkot Cilegon hanya memfasilitasi pengajuan usulan pelantikan dewan terpilih tanpa melakukan verifikasi kelengkapan berkas tersebut. “Kami hanya memfasilitasi saja untuk menyampaikan usulan pelantikan. Nantinya Gubernur sendiri yang akan menandatangani hasilnya,” ungkapnya.

Menurut Topik -panggilan akrab Taufiqurrohman, pihaknya berharap pelantikan anggota dewan terpilih dilakukan pada 4 September, karena saat bersamaan anggota dewan sebelumnya masa jabatannya habis. “Kalau bisa pas 4 September pelantikannya, sehingga bertepatan dengan akhir masa jabatan dewan,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook