DLH Awasi Pembuangan Limbah Perusaahan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 15 Agustus 2019 - 12:16:41 WIB   |  dibaca: 807 kali
DLH Awasi Pembuangan Limbah Perusaahan

DIPANTAU: Pegawai DLH Lebak memantau pembuangan dan penyimpanan limbah perusahaan pengolahan emas di Cibeber, belum lama ini.

LEBAK, BANTEN RAYA- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak mengawasi kegiatan usaha 200 perusahaan swasta di Kabupaten Lebak. Jenis yang diawasinya yaitu berkaitan dengan pembuangan dan penyimpanan limbah. Selain diawasi, ratusan perusahaan tersebut pun diwajibkan melaporkan kegiatan upaya pengelolaan lingkungan, serta dokumen lingkungan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani menjeslakan, dalam hal pengendalian dan pencegahan pencemaran lingkungan, pemkab melalui DLH sangat berkepentingan untuk mengawasi pembuangan dan penyimpanan limbah perusahaan di Lebak. "Selain itu, masing-masing perusahaan swasta wajib melaporkan pengelolaan lingkungan dan dokumen lingkungannya enam bulan sekali kepada DLH," ujar Dede, kemarin.

Menurutnya, upaya pengawasan terhadap kegiatan usaha ratusan perusahaan swasta tersebut akan terus dilakukan, karena hal itu menjadi ketetapan pemkab dalam hal pencegahan pencemaran lingkungan. "Kenapa seluruh perusahaan swasta harus melaporkan dokumen lingkungannya, agar pemkab bisa mengontrolnya," katanya.

Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DLH Lebak Iwan Sutikno mengatakan, selama pengawasan dilakukan, pihaknya pernah memberikan sanksi berupa penghentian beroperasi sementara kepada satu perusahaan peternakan ayam di Sajira, dan satu perusahaan pertambangan pasir di Cimarga. "Intinya dalam pengawasan ini, kami akan memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang tidak mengikuti aturan lingkungan hidup," tegas Iwan. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook