41 Ribu Warga Tak Pakai JKN

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 15 Agustus 2019 - 14:11:51 WIB   |  dibaca: 200 kali
41 Ribu Warga Tak Pakai JKN

DATA JKN: Staf pelaksana Dinsos Lebak memberikan keterangan soal menonaktifkan JKN kepada Banten Raya di ruangannya, Rabu (14/8).

RANGKASBITUNG, BANTEN RAYA- Sebanyak 41.335 warga Kabupaten Lebak yang tidak mampu tidak pernah memakai kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pernyataan itu disampaikan Kepala Seksi Data Informasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Lebak Iman Sariman kepada Banten Raya, Rabu (14/8)."Jumlah pemegang kartu JKN totalnya sekitar 73.789 warga. Dari jumlah itu, sebanyak 41.335 warga tidak pernah gunakan JKN," kata Kasi Data Informasi Sosial pada Dinsos Kabupaten Lebak Iman Sariman, Rabu (14/8).

Iman menjelaskan bahwa 41.335 warga itu tidak mampu diketahui tidak pernah menjalani pengobatan atau berobat ke rumah sakit atau klinik setempat. Selain tidak pernah digunakan, nama pemegang kartu tidak masuk dalam data base terpadu di kementerian sosial.

"Tidak masuknya data peserta ke BDT maka per 1 Agustus 2019 langsung dinonaktifkan. Sesuai dengan penetapan SK mensos nomor 79/HUK/2019 tentang penonaktifan dan perubahan data peserta penerima bantuan iuran jaminan kesehatan tahun 2019," katanya.

Staf pelaksana Dinas Sosial Lebak Susi menambahkan, menonaktifkan kartu JKN dilaksanakan karena peserta tidak pernah menggunakannya. "Peserta tidak pernah melakukan pelayanan kesehatan sama sekali dari tahun 2014-2019. Jadi kartunya tidak pernah digunakan," katanya.

Kemudian alasan kedua, penonaktifan JKN karena data diri peserta tidak valid. "Tidak valid di sini NIK kosong, lalu KK kosong, alamat juga tidak jelas, tidak sesuai dengan data disdukcapil. Dari jumlah 73.789 berhasil dinonaktifkan 41.335 peserta," katanya.

Susi mengungkapkan, setelah dinonaktifkan secepatnya dilakukan validasi data. Artinya petugas akan turun ke lapangan untuk melaksanakan pendataan kembali. "Untuk di verifikasi dan validasi yang selanjutnya bilamana dari jumlah tersebut ternyata kenyatannya warga tidak mampu maka kita usulkan kembali. Tapi sebaliknya jika mampu dan tak ditemukan orangnya, maka tetap dinonaktifkan," katanya. (purnama/rahmat)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook