Situ Cijoro Mulai Diperbaiki

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 16 Agustus 2019 - 12:14:59 WIB   |  dibaca: 193 kali
Situ Cijoro Mulai Diperbaiki

DIPERBAIKI: Tiga alat berat berada di area Situ Cijoro Bendungan yang saat ini sedang dalam penanganan pihak BBWSC3 Banten, Kamis (15/8).

LEBAK, BANTEN RAYA- Situ Cijoro Bendungan di Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung yang mengalami pendangkalan kini mulai diperbaiki. Pantauan Banten Raya di lokasi situ, tiga unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk bagian yang dangkal. Sedangkan bagian situ yang dikhawatirkan terkikis, terlihat sedang dibangun penahan secara permanen.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak Dade Yan Apriandi membenarkan bila Balai Besar Wilayah Sungsai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWC3) Banten sedang menangani pendangkalan yang dialami Situ Cijoro Bendungan.

Bagian sisi sekeliling situ turut ditanganinya dengan membangun penahan tanah agar tidak longsor atau terkikis. "Khusus untuk mengeruk tanah di area yang mengalami pendangkalan, pihak pelaksana menyediakan tiga alat berat. Hal itu untuk mempercepat pengerukan," ujar Dade, kemarin.

Bila tidak ada gangguan cuaca, kemungkinan penanganan situ secara menyeluruh akan bisa diselesaikan hingga awal Desember tahun ini. Bahkan diharapkan awal Desember air di situ sudah bisa mengaliri irigasi di sekitar Rangkasbitung Timur dan Rangkasbitung Barat. "Setelah penangananya selesai, maka area persawahan akan mudah mendapatkan air kembali," katanya.

Kepala DPUPR Lebak Wawan Ruswandi berterimakasih kepada BBWSC Banten yang telah merealisasikan perbaikan pendangkalan di Situ Cijoro. "Dengan kondisi Situ Cijoro Bendungan yang kembali normal, maka para petani di sekitar situ tersebut tentu akan merasa bangga," kata Wawan. (hudaya/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook