Rem Blong, Truk Tangki Kimia Terbalik

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:13:41 WIB   |  dibaca: 83 kali
Rem Blong, Truk Tangki Kimia Terbalik

EVAKUASI: Anggota PJR melakukan pengamanan saat proses evakuasi truk tangi kimia yang terbalik di pintu keluar tol Serang Timur, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Truk tangki bermuatan cairan kimia terguling di gerbang tol Serang Timur, Kamis (15/8). Truk tangki berplat nomor L 9191 UV itu terguling setelah mengalami rem blong. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun lajur transaksi kendaraan kecil pada ruas kiri tidak dapat difungsikan karena akses jalan tertutup kendaraan.

Sopir tanki kimia, Zainal Abidin (37) mengaku merasakan adanya keanehan pada bagian remnya saat kendaraannya akan keluar tol melalui gerbang Serang Timur. Laju kendaraan semakin kencang ketika kendaraan telah melintas fly over dan meluncur ke arah gerbang tol. Beruntung saat itu suasana di gerbang sepi kendaraan.

"Remnya blong. Makanya saya tidak mau ambil resiko, dari pada saya biarkan lurus bisa nabrak gardu, nanti malah ada korban, mending banting ke pinggir," kata warga Kampung Mayak, Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang di lokasi kejadian.

Menurut Zainal, mobil tangki tersebut merupakan milik perusahaan ekspedisi PT Agung Jaya Semesta yang mengangkut cairan kimia dari wilayah Merak, Kota Cilegon. Rencananya, cairan kimia tersebut akan dibawa ke Karawang, Jawa Barat. Namun dirinya bermasud istirahat lebih dahulu di Kota Serang, sebelum mengantarkan cairan kimia ke tempat tujuan. "Rencananya malam baru saya kirim," ujarnya.

Zainal mengungkapkan, meski mengalami musibah, dirinya bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Bahkan dia dan kernetnya hanya mengalami lecet di bagian tangannya saja. "Alhamdulillah enggak kenapa-napa. Saya juga bersyukur hanya kendaraan saja yang rusak, cairannya juga nggak sampai tumpah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Induk PJR Tol Tangerang Merak Rikky Akmaja mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tunggal tersebut. Namun dari keterangan pengemudi, penyebabnya utama kecelakaan itu karena mobil mengalami rem blong. "Sementara keterangan yang kami peroleh dari pengemudi karena rem blong, tapi akan kami selidiki lebih lanjut," katanya.

Rikky mengimbau kepada pengemudi untuk lebih dahulu mengecek kendaraannya, terlebih saat melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai, akibat kelalaian sendiri malah berakibat fatal hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. "Sebelum melakukan perjalanan, baiknya cek kendaraan lebih dahulu. Apakah remnya berfungsi normal atau tidak, cek ban dan cek yang lainnya juga," imbaunya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook