Mahasiswa Dituntut Punya Gagasan Kreatif

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:25:37 WIB   |  dibaca: 97 kali
Mahasiswa Dituntut Punya Gagasan Kreatif

TINJAU SPOK: Walikota Serang Syafrudin (kiri) meninjau kegiatan Seputaran Pengenalan Organisasi Kampus (SPOK) mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta Kampus C, Ciwaru, Kota Serang, Kamis (15/8).

SERANG, BANTEN RAYA- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mendorong mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi di wilayah Kota Serang untuk memiliki gagasan inovasi dan kreatif. Gagasan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Serang.

Seruan itu disampaikan Walikota Serang Syafrudin dalam sambutannya ketika menghadiri seputar pengenalan organisasi kampus (SPOK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Ciwaru, Kota Serang, Kamis (15/8) pagi, sekitar pukul 08.00.“Mahasiswa itu harus punya gagasan yang inovasi dan kreatif. Gagasan itu harus memberikan kontribusi untuk pembangunan Kota Serang,” kata Syafrudin.

Salah satu contoh gagasan invoasi yang dimaksud itu adalah bagaimana mahasiswa dapat mengatasi persoalan sampah yang masih bertebaran di Kota Serang. Sehingga kondisi tersebut dapat mengakibatkan sejumlah titik di Kota Serang menjadi terlihat kotor dan kumuh.“Gerakkan masyarakat untuk membersihkan sampah di kampng-kampung. Tentu hal yang seperti ini tugasnya mahasiswa,” ucap dia.

Syafrudin pun berharap kepada mahasiswa untuk berkontribusi di bidang pendidikan. Sebab di Kota Serang masih banyak anak-anak yang mengalami putus sekolah.“Mahasiswa juga harus memotivasi anak-anak yang putus sekolah, sehingga mereka mau melanjutkan sekolah. Karena mahasiswa sebagai agen perubahan,” katanya.

Menanggapi hal ini, Dekan FKIP Untirta Aceng Hasani menyatakan, pihaknya telah menyiapkan program terkait mengatasi kebersihan sampah melalui organ-organ kampus seperti BEM, HMJ dan UKM. Hal itu untuk merespons keinginan walikota agar mahasiswa berkontribusi dalam mengatasi persoalan sampah di Kota Serang.

“Kita memulai di wilayah FKIP Untirta sudah kita lakukan. Lingkungan bersih dan penyediaan tempat-tempat sampah di setiap sudut-sudut di kampus. Kalau di lingkungan masyarakat kita akan lakukan melalui kegiatan-kegiatan langsung ke masyarakat. Kita sangat siap dan memang kita berharap betul mahasiswa ini untuk berkontribusi dalam pembangunan di Kota Serang,” ujar Aceng.

Ia menjelaskan, kegiatan SPOK merupakan salah satu kegiatan awal mahasiswa baru. Para mahasiswa baru akan dilatih perubahan sistem belajar dari masa sekolah ke masa kuliah.“Mereka juga kita persiapkan dengan profesi yang akan dikerjakan setelah lulus sebagai guru.

Selanjutnya kita juga ingin menyampaikan bahwa mereka selain dari profesi itu ke depan setelah mereka lulus ini ada tantangan yang luar biasa di indonesia. Kita ingin cetak mereka bisa berkontribusi terhadap pembangunan di indoensia,” jelas Aceng seraya menyebutkan total mahasiswa FKIP Untirta sebanyak 5500 orang. “Untuk mahasiswa baru ada 1.500 orang,” sebutnya. (harir/rahmat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook