Wajah Baru Hiasi Pimpinan DPRD

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 16 Agustus 2019 - 14:17:42 WIB   |  dibaca: 368 kali
Wajah Baru Hiasi Pimpinan DPRD

SERANG, BANTEN RAYA – Sejumlah wajah baru dikabarkan bakal mengisi jatah lima kursi pimpinan DPRD Provinsi Banten periode 2019-2024. Saat ini, mereka sedang digodok oleh partainya masing-masing untuk diusulkan dan ditetapkan.

Seperti diketahui, lima partai peserta Pemilu 2019 di Banten berhasil menempati lima besar perolehan kursi dan berhak menempatkan calegnya di kursi pimpinan. Mereka adalah Gerindra dengan 16 kursi, PDIP 13 kursi, Golkar 11 kursi, PKS 11 kursi dan Demokrat 9 kursi.

Untuk kursi pimpinan pertama atau ketua DPRD dikabarkan akan ditempati oleh Andra Soni. Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi menjadi calon kuat. Selain secara kelembagaan partai di Banten menduduki jabatan tertinggi.

Sumber Banten Raya di internal DPD Gerindra Banten yang enggan disebutkan namanya mengatakan, meski pembahasan siapa yang akan menduduki kursi Ketua DPRD belum dibahas namun para kader sepakat jika Andra adalah calon terkuat.“Di internal partai sudah banyak yang menjagokan Pak Andra. Untuk tingkat DPRD Banten jika dilihat secara struktural partai ya Pak Andra juga menduduki jabatan tertinggi.

Pak Desmond (Junaedi Mahase) yang notabene Ketua Gerindra Banten kembali terpilih untuk DPR RI. Pak Andra intinya memang punya kapasitas untuk jadi Ketua DPRD Banten,” ujarnya.Sementara untuk kursi pimpinan kedua dari PDIP diprediksi akan ditempati oleh Muhlis.

Sumber Banten Raya di internal PDIP mengatakan, Muhlis disiapkan untuk menjadi pimpinan sementara saat masa transisi periode baru sekaligus pimpinan DPRD definitif dari Fraksi PDIP. “Langsung disiapkan untuk pimpinan dan sementara dan definitif.

Selanjutnya untuk Golkar muncul dua nama yaitu Fitron Nur Ikhsan dan wajah baru di DPRD Banten yaitu Fahmi Hakim. Dua nama ini akan digodok dan ditetapkan dalam rapat pleno DPD Golkar Banten dalam waktu dekat ini. Pun demikian dengan PKS dengan dua kandidat teratas yaitu Miptahudin dan Budi Prajogo.

Lalu untuk Demokrat santer diberitakan wajah baru yakni Jazuli Abdillah yang akan mengisi jatah sisa kursi pimpiann DPRD Banten. Terkait hal itu Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Andra Soni mengaku, bahwa partainya belum memutuskan siapa yang akan menempati kursi tersebut. Menurutnya, siapa yang berhak menempatinya akn terlebih dahulu diajukan oleh DPD ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk dinilai dan diputuskan oleh ketua umum. “Masih belum karena baru penetapan (caleg terpilih oleh KPU),” akunya.

Sekretaris DPD Demokrat Provinsi Banten Eko Susilo mengatakan, untuk kursi pimpinan DPRD pihaknya sudah mengadakan uji kepatutan dan kelayakan kepda caleg terpilihnya. Dari sembilan nama, sudah dikerucutkan menjadi tiga dan sudah diusulkan ke DPP untuk dipilih dan ditetapkan. “Untuk nama belum bisa kita buka. Yang disampaikan ke DPP adalah, calon pimpinan dewan dan ketua fraksi. Insyallah minggu depan sudah ada (keputusan),” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah menuturkan, bahwa pihaknya belum memutuskan siapa yang akan menempati kursi pimpinan dari Fraksi Golkar. Meski demikian, dia tak membantah ketika disinggung Fitron dan Fahmi hakim adalah dua calon yang dipertimbangkan. “Kita rapat pleno di provinsi, belum rapat plenonya,” ujarnya. (dewa)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook