Bintang Sains Kecamatan Patia: Perebutan Jatah Satu Finalis Dramatis

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 19 Agustus 2019 - 10:47:52 WIB   |  dibaca: 335 kali
Bintang Sains Kecamatan Patia: Perebutan Jatah Satu Finalis Dramatis

Korwil Dindikbud Kecamatan Patia Asrori dan Ketua K3S Kecamatan Patia Ahmad Sanusi berfoto bersama sepuluh finalis.

Gelaran Bintang Sains 2019 Pandeglang untuk Kecamatan Patia di gedung PGRI Kecamatan Labuan, Jumat (16/8) siang, berlangsung seru dan menarik. Terutama pada perebutan jatah satu finalis cukup dramatis.

Adalah Irwan, peserta dari SDN Patia 3, seorang anak pedagang ikan keliling yang memenangkan jatah kuota finalis terakhir, setelah beradu kecerdasan dengan Risa dari SDN Cimoyan 1 yang akhirnya harus tereliminasi. Keduanya sama-sama melewati tiga pertanyaan soal matematika, serta dua pertanyaan IPA yang menjadi penentu kemenangan. Irwan berhasil menjawab soal terakhir itu dan langsung mengangkat tangan berdoa serta sujud syukur di arena lomba yang disambut tepuk tangan meriah penonton. Sepanjang lomba, para guru pendamping dan siswa ikut memeriahkan jalannya lomba dengan memberikan semangat kepada peserta.

Irwan, siswa SDN Patia 1 yang terpilih menjadi finalis

Bintang Sains di Kecamatan Patia diikuti 145 peserta dari 22 sekolah. Lomba dibagi dua sesi. Sesi pertama 75 peserta dan menyisakan 32 peserta. Serta sesi kedua 70 perserta menyisakan 36 peserta hingga menyisakan 68 peserta pada babak penentuan.

Korwil Dindikbud Kecamatan Patia Asrori memberikan piagam dan medali kapada finalis

Siswa SDN Patia 3 Irwan mengaku, sangat percaya diri selama lomba dan menjawab soal yang dibacakan host. Ia mengaku siap bersaing dengan finalis lainnya yang ada di perkotaan. “Soal-soalnya sudah diajarkan guru semua di sekolah sejak kelas 3 dan kelas 4. Saya yakin bisa juara,” ujarnya sumringah.

Sementara itu, Guru Pendamping SDN Cimoyan 1 Taufik Ahmad menerima siswanya bernama Risa yang harus tereliminasi pada babak penentuan yang berlangsung dramatis. Menurutnya, siswa didiknya itu sudah menunjukkan bakat dan kemampuannya luar biasa. “Kita masih punya satu siswa yang jadi finalis. Bakal kita bina lagi supaya mampu bertanding optimal di tingkat kabupaten nanti,” katanya.

Kepala SDN Surianeun 1 Ahmad Sanusi memberikan saweran sebagai penghargaan kepada siswanya yang menjadi finalis

Guru Pendamping SDN Surianeun 1, Eka Sukarna menyambut baik dan mendukung penuh Bintang Sains yang dinilainya sebagai ajang lomba luar biasa. “Acaranya mantap. Kami harap acara berkelanjutan. Kami punya andalan siswa yang masuk finalis, nantinya akan lebih siap untuk bertanding di tingkat kabupaten,” ucapnya.

Korwil Dindikbud Kecamatan Patia Asrori mengakui, event Bintang Sains yang digagas Radar Banten Group bekerja sama dengan Pemkab Pandeglang luar biasa seusai tagline. Menurutnya, lomba dapat memotivasi siswa dan guru lebih giat lagi pada kegiatan belajar mengajar (KBM). “Saya harap para guru dan siswa ke depan mampu menunjukkan prestasinya di tingkat kabupaten,” harapnya. (her/zai)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook