Iuran Warga Tegalpanjang Modal Jaga Kebersihan Kampung

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 19 Agustus 2019 - 11:10:05 WIB   |  dibaca: 156 kali
Iuran Warga Tegalpanjang Modal Jaga Kebersihan Kampung

KIBIN –  Iuran warga tiap bulan menjadi modal berharga bagi warga RW 01, Kampung Tegalpanjang, Desa Kibin, Kecamatan Kibin, untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kesadaran warga kampung itu akan kebersihan lingkungan telah terbangun. Makanya, warga berupaya semaksimal mungkin menampilkan yang terbaik dari kampungnya dalam Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Untuk menjadi yang terbaik pada lomba yang digagas Radar Banten bersama Pemkab Serang dan Polda Banten serta bekerja sama dengan Korem 063 Maulana Yusuf Serang itu, Kepala Desa Kibin Achmad Syamsudin menyatakan, semangat kebersamaan antarwarga Tegalpanjang menjadi kunci utama.

Ia menekankan bahwa kebersamaan tersebut sangat dibutuhkan. Mengingat banyak masyarakat urban di Desa Kibin, termasuk di Kampung Tegalpanjang.“Kita tentu akan semaksimal mungkin. Yang penting, masyarakat aktif terlibat,” tegas Syamsudin saat berbincang bersama Radar Banten, Rabu (14/8) pekan kemarin.

Soal partisipasi, warga membayar iuran sampah, jelas Syamsudin, lantaran merasa terbantu dalam menjaga kebersihan lingkungan Tegalpanjang. Pemerintah Desa Kibin mendapat bantuan kendaraan untuk mengangkut sampah rumah tangga.“Selama ini memang kita berupaya mengajak masyarakat ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Alhamdulillah, kami dapat dua unit kendaraan motor untuk mengangkut sampah,” terangnya.

Penunjukan RW 01, Kampung Tegalpanjang, mewakili Desa Kibin mengikuti perlombaan untuk menciptakan kampung indah, bersih dan aman karena dinilai oleh Pemerintah Desa Kibin masuk kategori dari sisi penilaian Kampung Bersih dan Aman. “Keduanya masuk dari sisi kebersihan, begitupun keamanan,” ungkap Syamsudin.

Dari sisi keamanan, menurutnya, peran aktif TNI dan Polri terjun langsung membina warga telah memberikan kontribusi dalam menciptakan situasi aman dan damai di lingkungan Tegalpanjang. Terlebih, warga rutin ronda malam. “Alhamdulillah, ada polisi desa dan babinsa melakukan kontrol,” jelasnya.

Ketua RT 01 RW 01, Kampung Tegalpanjang, Sarmani tidak menampik jika dalam menjaga kebersihan lingkungan, selama ini warganya mengandalkan petugas sampah yang dikelola pihak RT dan RW. Warga ikut berperan dengan memberikan iuran kebersihan setiap bulan.“Harapan kita, tentu dalam perlombaan ini menang,” tandasnya.

Sarmani menyampaikan, sosialisasi Kampung Bersih dan Aman kepada warga akan dilakukan pihaknya usai acara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI. “Kita memang saat ini masih minim persiapan. Tapi, setelah HUT RI, kita baru fokus ke perlombaan,” tegasnya. (fdr/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook