Bayar PBB Lewat E-Commerce Diminati Waga

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 19 Agustus 2019 - 15:34:34 WIB   |  dibaca: 149 kali
Bayar PBB Lewat E-Commerce Diminati Waga

KERJASAMA : Kepala Bapeda Kabupaten Tangerang, Soma Wijaya (lima dari kanan), perwakilan Bukalapak, Tokopedia dan BJB saat coffee morning dengan wartawan, kemarin.

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA - Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui E-Commerce Bukalapak dan Tokopedia diminti warga Kabupaten Tangerang. Terbukti, sejak pertama kali diluncurkan, transaksi pembayaran PBB sudah mencapai Rp 2 miliar.

Perlu diketahui, Pembayaran PBB lewat E-commerce Bukalapak dan Tokopedia merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Bapenda untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kewajiabnya membayar PBB.

Salah seorang warga Perumahan PWS Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sudiyono mengatakan, pembayaran PBB lewat Commerce Bukalapak dan Tokopedia sangat memudahkan warga untuk menunaikan kewajiban membayar PBB tanpa harus antre di Kantor Bapenda atau di bank. “Hanya butuh lima menit, sudah bisa membayar PBB empat ruko (rumah toko_red) milik saya. Tanpa harus antre,” kata Sudiyono kepada wartawan saat ditemui di rukonya, Minggu (18/8).

Sebelum ada Commerce Bukalapak dan Tokopedia, kata Sudiyono, Ia harus antre hingga berjam-jam untuk melakukan pembayaran PBB empat ruko miliknya. Padahal, Ia tidak memiliki waktu untuk berlama-lama antre di Bapenda atau bank karena kesibukanya. “Saya merasa terbantu dengan adanya pembayaran  PBB Lewat E-Commerce. Dengan membuka aplikasi yang sudah di-download di HP, saya sudah bisa membayar pajak dan bisa melakukan pengecekan tanggal pembayaran jatuh tempo,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, inovasi demi inovasi terus dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kewajibanya membayar PBB. Di era digitalisasi berbasis e-commerce dan menghadapi tantangan industrialisasi 4.0 ini.

Kata Zaki, platform e-commerce dimanfaatkan langsung Pemkab Tangerang sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Ini selaras dengan tema HUT RI ke 74, yaitu SDM unggul Indonesia maju. Semoga pemanfaatan teknologi informasi juga menciptakan SDM yang unggul. Hari ini, kemudahan pelayanan membayar pajak ada dalam genggaman,” katanya.

Zaki menjelaskan, tingginya potensi penadapatan yang dibebankan pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Tangerang kepada Bapenda membutuhkan inovasi dalam memungut setiap rupiah yang berada diwajib pajak dan yang ada di Kabupaten Tangerang. “Pemerintah daerah terus memacu diri dalam peningkatan pembangunan, dalam kaitan itu inovasi dalam pelayanan sangat dibutuhkan untuk mondokrak PAD (Pendapatan Asli Daerah_red),” tutupnya.

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja menambahkan, kemudahan pembayaran PBB melalui Tokopedia dan Bukalapak ini sebagai langkah yang tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Wajib pajak tidak usah repot-repot antre, hanya membuka aplikasi langsung masukan nomor objek pajak bisa langsung bertransaksi,” pungkasnya. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook