Bintang Sains Kecamatan Cikedal: Persembahkan Medali untuk Ibu

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 20 Agustus 2019 - 12:01:12 WIB   |  dibaca: 338 kali
Bintang Sains Kecamatan Cikedal: Persembahkan Medali untuk Ibu

Korwil Dindikbud Kecamatan Cikedal Ade Gozali bersama guru pendamping berfoto bersama Adinda

Gelaran Bintang Sains 2019 Pandeglang untuk Kecamatan Cikedal di gedung PGRI Kecamatan Labuan, Senin (19/8) pagi berlangsung seru. Salah satu finalis, yakni Adinda dari SDN Babakanlor 3 menarik perhatian karena tak berhenti berurai air mata setelah dinyatakan lolos sebagai finalis. Ternyata, Adinda merindukan ibunya yang sudah dua tahun tak kunjung pulang ke rumah karena menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Kepala sekolah, guru pendamping, dan para siswa berfoto bersama finalis

Bintang Sains Kecamatan Cikedal diikuti 104 peserta dari 25 sekolah. Sesi pertama diikuti 51 peserta dan sesi kedua 53 peserta hingga menyisakan 33 peserta yang ikut pada babak penentuan. Peserta banyak berguguran di soal matematika hingga akhirnya terpilih sepuluh finalis yang didominasi SDN Babakanlor 1 yang mewakilkan tiga siswanya menjadi finalis, disusul SDN Bangkuyung 2 yang mendapat jatah dua finalis. Salah satu finalis, yakni Adinda dari SDN Babakanlor 3 menarik perhatian. Setelah lomba berakhir, ia tak kuat menahan tangis bahagia.

Guru pendamping dan siswa menyaksikan jalannya lomba

Adinda mengaku, mempersembahkan medali dan piagam yang diraihnya khusus untuk ibunya yang diketahui bernama Neneng Sadiah yang menjadi TKW di negara Singapura. Ia berjanji akan lebih giat belajar dan meraih prestasi pada Bintang Sains di tingkat kabupaten untuk membanggakan orangtua. “Medali dan piagam ini akan ditunjukkan ke nenek, ibu belum pulang sudah dua tahun,” ujarnya seraya menyebutkan bahwa ia hanya tinggal bersama nenek tanpa ayah setelah lama berpisah dengan ibunya.

Guru pendamping SDN Babakanlor 3 Yeni mengaku, pihaknya akan terus melanjutkan pembinaan siswa didiknya agar berprestasi di Bintang Sains. Yakni, dengan memberikan pembelajaran tambahan, seperti les atau bimbingan belajar (bimbel). “Supaya bisa bertanding optimal di tingkat kabupaten,” ujarnya.

DARI KIRI BELAKANG: Korwil Dindikbud Kecamatan Cikedal Ade Gozali, Pengawas TK/SD Nursamsi, dan Haris Basariswara berfoto bersama sepuluh finalis Kecamatan Cikedal.

Sementara itu, Korwil Dindikbud Kecamatan Cikedal Ade Gozali menyambut baik event Bintang Sains yang dinilainya sebagai sarana mengekspresikan siswa dalam kemampuan sains. Ade berharap, event Bintang Sains dilakukan berjenjang dan menjadi agenda rutin tahunan. “Kegiatan ini memacu kamampuan dan mental anak,” katanya. (her/zai)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook