Warga Dilatih Keterampilan Mengelas

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:34:08 WIB   |  dibaca: 43 kali
Warga Dilatih Keterampilan Mengelas

PRAKTIK : Warga melakukan praktik pengelasan di halaman kantor kelurahan Jombang Wetan, Kamis (22/8).

CILEGON, BANTEN RAYA - Pemerintah Kelurahan Jombang Wetan bersama Kelurahan Masigit, Gedong Dalem dan Sukmajaya menggelar pelatihan pengelasan bagi warganya. Hal itu dilakukan agar warga memiliki keahlian khusus.

Seklur Jombang Wetan, Alwan Tochir menyatakan, pengembangan sumber daya manusia menjadi salah satu fokus yang dilakukan oleh pemerintah kelurahan, sehingga salah satu yang dilakukan ialah memberikan pelatihan las kepada pemuda. Setelah memiliki sertifikasi mengelas, warga juga bisa menggunakannya untuk melamar pekerjaan.

“Kami ingin kemampuan warga ini terus dikembangkan, sehingga ada bekal, dan di Kecamatan Jombang sebagai bagian wilayah perkotaan banyak sekali terdapat bengkel pengelasan dan juga bengkel lainnya yang butuh tenaga terampil mengelas,” katanya kepada Banten Raya saat meninjau praktik pengelasan, Kamis (22/8).

Selain bisa melamar pekerjaan sesuai keahliannya, lanjut Alwan, warga yang telah mengikuti pelatihan mengelas itu bisa mendirikan usaha perbengkelan secara mandiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga lainnya.“Sekarang coba dulu belajar bekerja, jika sudah mahir dan mngetahui manajemen bisnisnya kami juga berharap bisa mandiri dan mendirikan usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Jombang Wetan, Hasanuddin menjelaskan, pemberian pelatihan keterampilan mengelas tersebut akan dilakukan selama 15 hari. Peserta akan langsung praktik membuat alat atau benda yang bernilai ekonomis dengan tim pelatih dari Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon.“Ada pelatihnya langsung dari BLK, sehingga kualitasnya tidak akan diragukan lagi,” imbuhnya.

Selain pengelasan, imbuh Hasan -panggilan akrab Hasanuddin, pemberdayaan lainnya seperti memasak atau tata boga dan petukang juga diberikan kepada warga.“Untuk ibu-ibu dan kader kami berikan pelatihan tata boga dan untuk warga lainnya kami juga ada sertifikasi petukang,” imbuhnya. (uri)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook