Kekompakan Pemuda Aset Kadumonyong Benahi Kampung

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:06:34 WIB   |  dibaca: 28 kali
Kekompakan Pemuda Aset Kadumonyong Benahi Kampung

CINANGKA – Kekompakan pemuda Kampung Kadumonyong, Desa Kubangbaros, Kecamatan Cinangka, menjadi salah satu modal kampung ini untuk meraih hasil maksimal dalam perlombaan Kampung Bersih dan Aman 2019. Kekompakan pemuda ini memudahkan pengurus lingkungan menyosialisasikan program-program pemerintah, termasuk Kampung Bersih dan Aman. “Alhamdulillah, di kampung kami tengah giat pengajian. Bapak-bapak dan pemuda aktif,” ujar Ketua RW 01, Kampung Kadumonyong, Sukiri kepada Radar Banten, Selasa (20/8).

Karena itu, kekompakan pemuda dan warga Kadumonyong ini menjadi aset pengurus RW 01 untuk membenahi kampungnya. Bersama warga, pengurus RW 01 akan memperindah lingkungannya dengan menata beberapa lokasi. Seperti perbaikan gapura masuk kampung. “Kalau perlombaan, tentu kita berharap menang yang jelas mah,” ungkap Sukiri.

Sukiri menjelaskan, kebersihan lingkungan di Kadumonyong tak berbeda jauh dengan kampung-kampung lain. Warga kampung ini mengandalkan lubang pada tanah di belakang rumah untuk menumpuk sampah dan membakarnya.“Kebersihan rapi, cuma tidak memiliki tong sampah. Sampah plastik dibakar,” jelas Sukiri.

Begitu pula dengan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Menurut Sukiri, warganya bergantian menjalankan tugas ronda malam di pos kamling yang tak jauh dari kantor Desa Kubangbaros. Terkadang, warga gebrugan atau secara bersama-sama datang ke pos kamling. “Jadwal ronda kita aktif. Pemuda kita juga kompak,” tegasnya.

Di tempat yang sama, staf bantu Pemerintah Desa Kubang Baros Damami mengatakan bahwa RW 01 memiliki tiga RT, dengan 130 kepala keluarga yang mendiami 99 unit rumah. Ia membenarkan jika suasana gotong royong di Kadumonyong masih terjaga.

“Gotong royong, pengajian, hingga kegiatan pemudanya aktif,” katanya. “Yang jelas, ada dan tidak ada lomba, kami harus menjaga keamanan warga. Kami juga koordinasi dengan babinsa dan bhabinkamtibmas,” pungkas Damami. (fdr/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook