Asri dan Indah Modal Ujungtebu

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:08:55 WIB   |  dibaca: 29 kali
Asri dan Indah Modal Ujungtebu

CIOMAS – Kampung/Desa Ujungtebu, Kecamatan Ciomas, didukung oleh alam yang asri dan indah. Potensi perkampungan di kaki Gunung Prakasak ini menjadi modal dan andalan warga serta pengurus RT 12 RW 05, Kampung Ujungtebu, dalam Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.“Kalau di sini (Kampung Ujungtebu-red) mah pemandangan alamnya sudah bagus. Tinggal dihias sedikit,” kata Suharjo kepada Radar Banten, Jumat (23/8).

Lingkungan Ujungtebu itu, menurut Suharjo, ditopang pula oleh kebiasaan warganya. Sejak dahulu, warga kampung ini terbiasa menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing. “Dari orangtua memang mewajibkan ada tanaman di depan rumah. Jadi anak-anak terbiasa menanam,” akunya.

Untuk menambah nilai plus di kampungnya, terutama sisi kebersihan, Suharjo menyatakan, pihaknya akan menggiatkan Jumat Bersih (Jumsih) yang sudah rutin dilaksanakan warganya. Jumsih ini dilaksanakan warga setiap hari Minggu.

Suharjo mengakui jika Ujungtebu belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba Kampung Bersih dan Aman. Yakni, harus memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kita cuma ada gardu. Siskamlingnya juga aktif,” katanya.

Suharjo tidak memungkiri jika warganya masih memiliki kebiasaan buruk dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Sebagian warga Ujungtebu terbiasa membuang sampah ke Kali Cigagak, aliran sungai dari Gunung Karang. “Sudah sering dilarang, tapi karena enggak ada tempat sampah, jadi buang ke kali,” terangnya.Untuk memenuhi keempat persyaratan itu, Suharjo akan mengajak warganya dan Pemerintah Desa Ujungtebu untuk bermusyawarah. “Semoga ada pengadaan tempat sampah,” harapnya.

Suhenah, warga Kampung Ujungtebu, mengaku bahwa kegiatan bersih-bersih rutin dilakukan setiap pagi hari oleh ibu-ibu. Ada yang membakar sampah di pekarangan rumah. Namun, sebagian warga lain membuang sampah ke kali.“Susah sih masalah sampah mah enggak habis-habis,” keluhnya.

Suhenah berharap, keikutsertaan Ujungtebu dalam Kampung Bersih dan Aman bisa membuat lingkungan kampungnya semakin bersih. “Seharusnya mah ada lomba atau enggak, lingkungan harus selalu bersih,” tegasnya. (mg06/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook