Grafiti Bakal Hiasi Kampung Pancur Masjid Timur

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:10:19 WIB   |  dibaca: 34 kali
Grafiti Bakal Hiasi Kampung Pancur Masjid Timur

CIOMAS – Pemerintah Desa Pondok Kahuru, Kecamatan Ciomas, mulai membenahi lingkungan RT 003 RW 002, Kampung Pancur Masjid Timur. Bersama warga, pemerintah desa bergotong royong. Dinding rumah-rumah warga yang menghadap ke jalan kampung bakal dihias dengan grafiti. 

“Nanti, sepanjang jalan kampung akan dipagar. Di dinding beberapa rumah yang menghadap ke jalan juga bakal kita gambar grafiti,” kata Kepala Desa Pondok Kahuru Meliana kepada Radar Banten, Jumat (23/8).

Gerakan membenahi Kampung Pancur Masjid Timur ini, ungkap Meliana, sebagai upaya maksimal pihak Pemerintah Desa Pondok Kahuru dan warga menyukseskan Kampung Pancur Masjid Timur dalam Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Dalam pembuatan grafiti, jelas Meliana, warga akan dibantu oleh mahasiswa Universitas Serang Raya yang sedang pengabdian di wilayahnya. Pembuatan pagar dikerjakan oleh warga. “Semua ikut gotong royong, mulai dari orang tua sampai pemuda. Insya Allah, dimulai pembuatan grafiti, Minggu (25/8),” terangnya.

Meliana juga sudah berkoordinasi dengan warga untuk menanam pohon di depan pekarangan rumah warga. Tujuannya, agar lingkungan hijau dan sejuk. Kampung Pancur Masjid Timur dihuni sekira 1.000 penduduk dari 500 kepala keluarga (KK). “Warga sudah siap merelakan sebagian tanahnya untuk ditanami tumbuhan,” katanya.

Meliana memastikan, Kampung Pancur Masjid Timur sudah memenuhi empat persyaratan perlombaan yang bertujuan menciptakan kampung indah, bersih, dan aman tersebut. Yakni, memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Alhamdulillah, sudah ada semua (persyaratan Kampung Bersih dan Aman-red). Besok (Sabtu, 24/8-red) juga kita beli dua kontainer sampah dan empat bak sampah,” tegasnya.

Ketua RW 002, Kampung Pancur Masjid Timur, Maksum menilai, kampungnya layak menjadi juara Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang tersebut. Kekompakan warga dan kebersihan lingkungan menjadi andalan. “Setiap minggu, kita kegiatan Jumat Bersih (Jumsih-red),” katanya.

Maksum juga memastikan, tingkat keamanan di kampungnya sangat terjaga. Hal itu dibuktikan dengan tidak pernah adanya tindak kriminalitas di wilayahnya. “Di sini (Kampung Pancur Masjid Timur-red) sih aman-aman aja. Soalnya, sesama tetangga akur dan saling menjaga,” ungkapnya. (mg06/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook