Melanggar, 46 Pengendara Ditilang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:33:41 WIB   |  dibaca: 41 kali
Melanggar, 46 Pengendara Ditilang

PEMERIKSAAN: Anggota Ditlantas Polda Banten melakukan pemeriksaan kelengkapan suratsurat kendaraan pada saat razia di Jalan Jendral Soedirman, Jumat (23/8).

SERANG, BANTEN RAYA- Puluhan kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan dokumen kendaraan dan kelengkapan kendaraan terjaring razia yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten, di Jalan Jendral Soedirman, Kelruahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (23/8).

Kanit Turjawali Polda Banten Inspektur Polisi Dua (Ipda) Bobong Garlono mengatakan, polisi melakukan razia rutin dengan memberhentikan kendaraan sebagai upaya Polda Banten dalam menekan angka pelanggaran dan kecelakaan."Kesadaran masyarakat dalam berkendara masih rendah, sehingga kita perlu melakukan razia kendaraan rutin, guna mencegah terjadinya kecelakaan, khususnya kendaraan roda dua," kata Garlano saat ditemui di lokasi razia.

Garlono mengungkapkan, sebanyak 67 pengendara motor dan mobil ditilang petugas. Pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM), dan tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK)."Hasilnya 46 tilang diberikan tidak memiliki SIM, tidak memiliki STNK 19 pengendara dan dua kendaraan roda dua kita tahan," ungkapnya.

Garlono menjelaskan, selain pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan, razia tersebut juga menyasar kendaraan yang melebihi kapasitas muatan, tidak laik jalan, pengendara anak dibawah umur dan pelanggaran lainnya."Razia bagian dari edukasi kami kepada masyarakat untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas. Sebab, saat ini kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas mengalami penurunan," jelasnya.

Kanit Laka Lantas Ditlantas Polda Banten Ipda Pujiyanto mengatakan, untuk menekan angka kecelakaan dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, polisi akan melaksanakan operasi patuh kalimaya yang digelar secara serentak di Banten."Pada tanggal 29 Agustus sampai 11 September 2019 ini, kita akan melaksanakan operasi patuh kalimaya," katanya.

Untuk itu, Pujiyanto meminta masyarakat yang akan bepergian diharapkan untuk selalu membawa kelengkapan surat kendaraan,mematuhi peraturan lalu lintas dan membawa kendaraan laik jalan agar tidak ditilang."Pemilik kendaraan yang belum membayar pajak, juga bisa kita tilang sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan pasal 70 ayat 2. Dimana disebutkan bahwa STNK bermotor dan TNKB berlaku selama lima tahun dan harus dilakukan pengesahan tiap tahunnya," jelasnya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook