Warga Pelamunan Permai Terapkan Program K-3

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 02 September 2019 - 10:36:56 WIB   |  dibaca: 76 kali
Warga Pelamunan Permai Terapkan Program K-3

KRAMATWATU – Pengurus RW 03, Bukit Pelamunan Permai (BPP), Desa Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu, telah menerapkan Program kebersihan, kerapian, dan keindahan (K-3) kepada setiap warganya. Program ini sebagai upaya menyukseskan lingkungan BPP pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Sekretaris RW 03, BPP, Triadi Anas mengklaim jika lingkungan BPP sudah bersih. “Kita bakal lebih bersih dan aman lagi dengan program K-3,” ujar Anas kepada Radar Banten, Minggu (1/9).Dijelaskan Anas, program K-3 dilaksanakan sebulan sekali pada pekan terakhir. Semua warga BPP ikut membersihkan lingkungan di depan rumah masing-masing. “Kalau lagi bersih-bersih, sepanjang jalan kompleks padet (oleh warga yang bergotong royong-red),” ujarnya.

Pengelolaan sampah di BPP, jelas Anas, dilakukan oleh warga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang serta Pemerintah Kecamatan Kramatwatu. “Setiap pagi, ada petugas kebersihan dari dinas yang angkut sampah,” katanya.

Anas memastikan, BPP sudah memenuhi empat persyaratan Kampung Bersih dan Aman. Yakni, siskamling yang aktif, tempat pembuangan sampah (TPS), kelompok pemuda sadar lingkungan, dan kelompok sadar hukum. “Alhamdulillah, (persyaratan-red) lengkap. Setiap RT, kita punya dua penjaga keamanan,” ungkapnya.

Anas juga menjamin keamanan di lingkungan BPP. Sistem keamanan lingkungan (siskamling)-nya aktif. Warga kompleks perumaham ini saling peduli. Bahkan, setiap malam Minggu hingga subuh, Anas dan sejumlah warga ikut berjaga di pos kamling. Dari kegiatan seperti itu, program-program terkait kebersihan dan keamanan lingkungan di BPP pun muncul. “Jadi, ronda sambil rapat juga,” tuturnya.

Mesti Hendayanah, warga RW 03, mengaku nyaman dan tentram tinggal di BPP. Selain karena kebersihan dan keamanan lingkungannya terjaga, mayoritas warga memiliki hobi menanam pohon di pekarangan rumah. “Suasananya juga asri,” ujarnya.

Mesti Hendayanah optimistis, BPP bisa bersaing dan menjadi juara Lomba Kampung Bersih dan Aman. Terlebih, jalan-jalan di lingkungan BPP bakal dicat warna warni agar menarik dan memiliki nilai seni. “Lingkungan bersih dan berseni, yakin menanglah,” tegasnya. (mg06/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook