Parpol Mulai Buka Penjaringan Bakal Calon Walikota

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 10 September 2019 - 11:43:49 WIB   |  dibaca: 82 kali
Parpol Mulai Buka Penjaringan Bakal Calon Walikota

CILEGON, BANTEN RAYA - Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020, sejumlah partai politik (Parpol) mulai mengambil ancang-ancang. Kemarin, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Cilegon telah membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon 2020.

Begitu juga Partai Demokrat Cilegon sudah membuka penjaringan. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cilegon juga sedang melakukan pemilu internal untuk mencari sosok bakal calon walikota dan wakil walikota dari internal partai.

Sementara sosok yang sudah menyatakan akan maju dalam pesta demokrasi lima tahunan Kota Cilegon itu adalah Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati dan Ketua Partai Berkarya Banten, Helldy Agustian. Kedua tokoh ini mulai rajin blusukan atau bertemu dengan masyarakat.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Walikota DPC PDIP Cilegon, Tb Amri Wardhana mengatakan, pihaknya telah membuka penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon untuk Pilkada 2020. Penjaringan dibuka 9 September 2019 dan berakhir 14 September 2019. “Sampai kemarin, baru satu yang mengambil formulir yaitu Ketua DPC PDI Perjuangan Bapak Haji Reno Yanuar,” kata Amri dihubungi melalui sambungan telepon, (9/9).

Amri menjelaskan, penjaringan yang dilakukan DPC PDIP Cilegon terbuka untuk siapapun. Namun, tahapan verifikasi akan dilakukan pihaknya pascapenjaringan ini. Selain itu, DPC PDIP Cilegon juga akan melakukan survei internal terhadap calon-calon yang mengikuti penjaringan. “Kita harus berkoalisi, kita terbuka dengan partai apapun,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Cilegon, Abdul Ghoffar mengatakan, DPD PKS Kota Cilegon saat ini telah melakukan pemilu internal bagi kader PKS. Saat ini, masih dalam tahap penghitungan suara. “Nantinya hasil pemilu internal ini akan disampaikan ke DPW (Dewan Pimpinan Wilayah PKS Banten) review dari DPW,” katanya.

Dilakukannya pemilu internal, kata Ghoffar-panggilan akrab Abdul Goffar, dilakukan untuk mengetahui kader partai yang paling berpeluang untuk diajukan menjadi Calon walikota atau wakil walikota. “Nanti keputusan yang menentukan DPW, dan kita pasti berkoalisi dengan partai lain karena kursi minimal untuk pencalonan delapan kursi DPRD Cilegon. Kita terbuka koalisi dengan siapapun,” ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten, Eko Susilo mengaku pihaknya akan melakukan tahapan penjaringan pada periode September 2019 ini hingga April 2019 atau sebelum ditutupnya pendaftaran calon kepala daerah. "Kita juga akan melakukan survei internal dulu,” ungkapnya.

Saat ini, kata Eko, sudah ada beberapa sosok yang mendekati partainya, mulai dari profesional, politisi, dan pengusaha. Ketua Bapilu Partai Demokrat Banten, Azwar Anas menjelaskan, beerapa sosok yang telah menjalin komunikasi politik atau lobi diantaranya Ketua DPD Partai Berkarya, Helldy Agustian dan Kasat Intel Polres Cilegon, AKP Awab.

Sementara itu, Ratu Ati Marliati yang santer diisukan untuk ikut dalam kontestasi Pilkada 2020, saat ini juga sudah mulai intens melakukan kegiatan di masyarakat. Ati mengatakan, untuk Pilkada 2020 berharap akan kembali diusung oleh Partai Golkar seperti halnya pada pencalonan wakil walikota, beberapa bulan lalu.

“Ibu kan kemarin diusung Golkar, mudah-mudahan diusung Golkar lagi. Tapi, kalau untuk koalisi terbuka dengan siapapun,” kata Ati ditemui usai Islamic Center Cilegon, kemarin.Disinggung terkait banyaknya agenda dengan masyarakat, Ati menjawab diplomatis. Katanya, dirinya sudah sejak dulu ketika ada undangan dari masyarakat berusaha untuk mendatangi. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook