UKM Formasi Gelar Turnamen Catur Cepat

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 10 September 2019 - 13:00:43 WIB   |  dibaca: 240 kali
UKM Formasi Gelar Turnamen Catur Cepat

MIKIR: Sejumlah peserta lomba catur cepat nampak berfikir untuk memainkan strategi mengalahkan lawan, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Formasi, UIN SMH Banten mengadakan turnamen catur cepat dalam Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ke-21.Aepi, panitia POM ke 21 mengatakan, hal yang membedakan antara perlombaan catur cepat dengan catur standar ialah durasi waktu yang digunakan.  "Catur standar berdurasi satu jam, sedangkan catur cepat berdurasi 30 menit," ujarnya, kemarin.

Dalam kategori ini, lanjut Aepi, catur cepat diadakan empat babak dan diberi jeda waktu selama lima menit untuk lanjut ke babak berikutnya. “Di sini kita sudah menggunakan peraturan internasional, agar mempermudah para peserta," katanya.

Ia juga menyampaikan, para atlet yang sudah memiliki kemampuan dalam catur cepat akan mudah untuk dibimbing ke tahap selanjutnya. Aepi mengaku, peminat catur setiap tahunnya selalu ramai diikuti oleh para peserta  dari berbagai himpunan mahasiswa jurusan. Dan pada saat ini, catur cepat juga banyak diikuti dari berbagai Fakultas.“Ada 13 HMJ yang mengikuti lomba catur ini. Jika kategori ini sukses dilaksanakan, tahun depan kami akan membuat lomba kategori catur kilat yang berdurasi 15 menit saja," ujarnya.

Meski begitu, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala, salah satunya soal tempat pertandingan yang minim. Sebelumnya pertandingan rencananya akan diselenggarakan di lantai dua Aula Sjadzli Hasan, namun tidak diizinkan oleh lembaga."Alasannya takut aula kampus rusak dan kotor. Padahal kita mengadakan ini untuk memeriahkan, bukan untuk merusak. Apalagi ini hajat besar mahasiswa UIN SMH Banten sehingga ini menjadi kendala besar bagi panitia penyelenggara lomba," kata Aepi.

Sementara itu, Nurul Azmi, mahasiswi jurusan Tadris Bahasa Inggris yang baru saja memenangkan turnamen hari ini mengatakan, dalam catur cepat, strategi yang paling bagus untuk memenangkan pertandingan adalah menguasai tiga teori permainan, yakni opening, middleling dan closing."Kita tidak boleh menguasai hanya di middle-nya saja, tapi harus bisa menguasai ketiganya. Karena kadang kita bagus main di awal tetapi kalah di akhir," katanya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook