Bupa Pendaftaran, Cabup Cawabup PDIP harus Sekolah Partai

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 10 September 2019 - 14:33:00 WIB   |  dibaca: 120 kali
Bupa Pendaftaran, Cabup Cawabup PDIP harus Sekolah Partai

PENJARINGAN CABUP: Ketua DPC PDIP Kabupaten Serang Madsuri (ketiga dari kiri) memimpin konferensi pers penjaringan bakal cabup dan cawabup, Senin (9/9).

SERANG, BANTEN RAYA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Serang membuka penjaringan bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Serang periode 2020-2025. Dibukanya penjaringan tersebut karena DPC PDIP hanya memperoleh empat kursi dari total 50 kursi di DPRD Kabupaten Serang.

“Pembukaan penjaringan ini karena perolehan kursi kita hanya delapan persen. Kalau 20 persen tidak dilakukan penjaringan,” kata Madsuri di kantor DPC PDIP Kabupaten Serang di Kecamatan Ciruas, Senin (9/9).

Ia menjelaskan, penjaringan juga dilaksanakan sebagai tindaklanjut atas surat dari DPP PDIP Nomor 356/IN/DPP/8/2018 tentang penjaringan calon bupati dan calon wakil bupati baik secara terbuka maupun secara tertutup. “Untuk pendaftarannya mulai tanggal 10 sampai 18 September. Kemudian tanggal 18 sampai 23 validasi dokumen pendaftar, baru setelah itu kita serahkan ke DPP yang nanti akan memutuskan,” ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Banten itu menuturkan, penjaringan terbuka untuk umum baik internal kader PDIP maupun eksternal. Pendaftar hanya bisa memilih salah salah satunya yaitu, mendaftar sebagai bakal cabup atau cawabup. “Untuk pendaftaran kita tidak membatasi, tapi sesuai surat dari DPP minimal dua orang. Untuk pendaftaran tidak ada persyaratan khusus,” paparnya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Serang Asmari mengatakan, penjaringan bakal cabup dan cawabup terbuka untuk semua anak bangsa yang akan menjadikan Kabupaten Serang menjadi lebih baik lagi. “Untuk latar belakang siapapun boleh, baik itu pengusaha, politisi, birokrat, dan tokoh masyarakat dipersilakan. Kalau untuk dari internal partai sampai saat ini belum ada yang menyampaikan ingin daftar,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam proses penjaringan tersebut terdapat tiga tahapan yakni, tahapan pengambilan formulir, tahapan pengembalian formulir dan dikumen, dan tahapan validasi dokumen. “Kalau di PDIP ada persyaratan khusus bagi pendaftar yang sudah direkomendasikan ke DPP harus bersedia mengikuti sekolah partai, baik pendaftar dari internal maupun dari eksternal,” ungkapnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook