Fasilitas Alun-alun Rusak

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 10 September 2019 - 14:42:00 WIB   |  dibaca: 117 kali
Fasilitas Alun-alun Rusak

TAK TERAWAT : Kolam air mancur di Alun-alun Timur Kota Serang tampak mengering dan berdebu, Senin (9/9).

SERANG, BANTEN RAYA- Sejumlah fasilitas Alun-alun Kota Serang tampak rusak dan tidak terawat. Sejumlah warga mengeluhkan tidak terawatnya fasilitas yang dibangun menggunakan anggaran dari pajak masyarakat ini.

Juhari, warga yang ditemui sedang menikmati suasana alun-alun mengatakan bahwa penataan Alun-alun Kota Serang saat ini buruk. Air mancur yang pada awal pembangunan berfungsi, kini sudah tidak difungsikan lagi. Bahkan air kolamnya pun sudah tidak ada.“Kalau pas pertama dibangun itu bagus ada air mancurnya,” kata Juhari, Senin (9/9).

Selain air mancur, kata Juhari, dulu sempat banyak burung dara dan merpati yang berterbangan di alun-alun. Bahkan burung-burung itu disediakan sarang sehingga mereka bisa keluar-masuk sarang. Susana kepak burung dan rindangnya tanaman di alun-alun membuat suasana saat itu begitu indah. “Kalau sekarang sarang burungnya rusak, burungnya sudah enggak ada,” katanya.

Ari, warga lain mengaku sangat prihatin dengan kondisi alun-alun saat ini. Sebab ia ingat sebelumnya alun-alun pernah menjadi lokasi yang dibanggakan warga Kota Serang. Meski demikian ia juga mengatakan bahwa rusaknya alun-alun saat ini tidak sepenuhnya salah pemerintah daerah. Sebab ada juga beberapa warga yang sengaja merusak fasilitas alun-alun.“Ada juga yang rese suka buang sampah sembarangan bahkan mecahin botol di kolem waktu masih ada airnya,” katanya.

Meski demikian, ia berharap Pemkot Serang mampu menata ulang kondisi alun-alun sehingga kembali menjadi ruang publik yang menyenangkan dan dapat dibanggakan. Sebab saat ini fasilitas alun-alun sudah banyak yang rusak sehingga mengganggu kenyamanan warga yang datang untuk menikmati suasananya. “Mainannya seperti ayunan sudah pada rusak,” ujarnya.

Menyikap permasalahan ini, Kepala Bidang Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang Iphan Puad membenarkan kondisi alun-alun saat ini yang belum ditata dengan baik dan indah seperti alun-alun di kota-kota besar di Indonesia. Ia juga mengakui bahwa DPRKP Kota Serang sampai saat ini belum bisa maksimal memelihara dan menata alun alun-alun. “Kami belum bisa melakukan perbaikan terhadap kondisi alun-alun tahun ini,” katanya.

Terkait kolam dan air mancur di alun-alun yang diminta diaktifkan lagi, Iphan mengatakan bahwa kolam dan air mancur di alun-alun tidak akan difungsikan kembali. Ini dikarenakan air mancur tersebut kerap dirusak oleh warga. “Warga Kota Serang ini sepertinya belum siap menjaga dan memelihara fasilitas publik yang ada,” katanya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook