LP3I Cilegon Kini Jadi LP3I Banten

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 11 September 2019 - 08:01:16 WIB   |  dibaca: 818 kali
LP3I Cilegon Kini Jadi LP3I Banten

GEDUNG BARU : Gedung kampus LP3I Banten yang masih dalam proses pembangunan, diharapkan mampu meningkatkan minat calon peserta didik.

SERANG, BANTEN RAYA - Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Cabang Banten diresmikan, hari ini.

Lembaga pendidikan yang memiliki gedung kampus di Jalan Raya Cilegon-Serang, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu itu, merupakan pengembangan dari LP3I Cabang Cilegon yang telah berdiri sejak 2002 lalu.

Kepala Cabang LP3I Banten Budi Setiawan mengatakan, berubahnya nama LP3I Cabang Cilegon menjadi LP3I Cabang Banten merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang dipersembahkan oleh LP3I.

"Gedung yang sekarang menjadi kampus baru LP3I merupakan gedung mandiri milik LP3I. Kalau dulu semasa masih berlabel LP3I Cabang Cilegon, gedung yang dipakai masih berstatus sewa. Meski begitu, dalam kurun waktu 17 tahun LP3I Cilegon telah mencetak ribuan lulusan yang handal. Kami juga telah berhasil melakukan sekitar 2.500 penempatan kerja bagi lulusan yang berprestasi dengan IPK diatas 3,00," katanya kepada Banten Raya, kemarin.  

Dengan berdirinya gedung kampus mandiri berlabel Cabang Banten, lanjut Budi, diharapkan LP3I mampu menyerap lebih banyak calon peserta didik.
"Kalau dulu, peserta didik lebih didominasi oleh warga Cilegon dan sebagian Kota Serang. Semoga mulai saat ini jumlah peserta didik dari daerah lain seperti Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak bisa meningkat karena kampus ini sengaja kami bangun di posisi tengah antara Kota Cilegon, Serang, dan Pandeglang serta Lebak. Jadi mereka yang dari daerah, tidak terlalu jauh menuju kampus seperti waktu kampusnya masih di Cilegon," ujarnya.

Selain membangun gedung kampus mandiri, Budi mengklaim LP3I juga telah memperluas kerjasama dengan pihak industri di wilayah Serang Timur.
"Jadi sekarang jangkauan penempatan kerjanya meluas hingga wilayah Cikupa, Balaraja. Jadi nanti lulusan LP3I tidak hanya ditempatkan kerja di wilayah industri yang ada di Kota Cilegon saja," tuturnya.

Budi berharap, dengan adanya gedung baru dan semangat baru, diharapkan target menciptakan LP3I banten menjadi perguruan tinggi vokasi dapat segera terwujud.
"Kami punya niat di tahun 2024 LP3I Banten bisa menjadi Politeknik LP3I Banten sehingga bisa mengeluarkan ijazah bagi lulusan kami," katanya.

Untuk merealisasikan harapan itu, Budi menilai target yang paling riil saat ini adalah fokus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan siap mental untuk bekerja.
"Industri yang merekrut lulusan LP3I itu tidak hanya melihat nilai kelulusannya saja melainkan lebih memilih lulusan yang berkompeten dan bermental siap kerja. Makanya di LP3I diperkuat pendidikan karakter dan praktek lapangan," jelasnya.

Kepala Marketing LP3I Cabang Banten Elmi Nurvianti menambahkan, selain mencetak lulusan yang siap kerja, LP3I juga diwajibkan melahirkan wirausaha yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
"Sepuluh persen dari total peserta didik kami itu diharapkan bisa menjadi wirausaha. Makanya di kampus kami tidak dilarang bagi peserta didik yang ingin berjualan atau menjalankan usahanya di kampus asalkan tidak mengganggu proses pembelajarannya. Hal itu sengaja kami lakukan agar bisa membangun jiwa enterpreuner sambil belajar secara teori di kampus," ujarnya.

Elmi mengungkapkan, jika selesai dibangun, gedung kampus mandiri LP3i Banten mampu menampung sekitar 1.500 peserta didik.
"Dengan kuota yang cukup banyak tentu akan kami maksimalkan perekrutan calon peserta didiknya," katanya. (danang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook