Panenjoan Punya Sanimas

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 11 September 2019 - 11:21:32 WIB   |  dibaca: 31 kali
Panenjoan Punya Sanimas

CARENANG – Kampung Panenjoan, Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, ikut berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Perkampungan itu sudah difasilitasi pengelolaan air limbah rumah tangga, Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari pemerintah pusat. 

Kasi Umum Pemerintah Desa Panenjoan Samsidi menegaskan bahwa lingkungan RT 14 dan RT 03 di RW 01, Kampung Panenjoan, ditunjuk untuk mewakili pemerintah desa. Keberadaan Sanimas menjadi salah satu pertimbangannya. Dengan Sanimas, air limbah rumah tangga digunakan untuk mengairi sawah.

“Meski kemarau, petani tidak kesulitan air untuk mengairi sawah mereka. Petani di Kampung Panenjoan bisa panen saat kemarau berkat pengelolaan air limbah rumah warga sebagai sumber mata airnya,” terang Samsidi kepada Radar Banten, Selasa (10/9).

Dengan Sanimas, menurut Samsidi, lingkungan Panenjoan tidak dicemari limbah rumah tangga lagi. Lingkungannya menjadi lebih sehat. “Sanimas dibangun sejak 2018. Sanimas ini menjadi andalan Kampung Panenjoan dalam mengikuti Kampung Bersih dan Aman,” tegasnya.

Tentang keamanan kampung, Samsidi menyatakan, pihak desa berencana membentuk perlindungan masyarakat (linmas) dan menggerakkan kembali kegiatan siskamling. Untuk itu, pemerintah desa melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Panenjoan.“Nanti akan ada musyawarah untuk mencari kendala dan solusi untuk terciptanya Kampung Panenjoan bersih dan aman,” ujarnya.

Anggota BPD Panenjoan Brisma menambahkan, pihaknya juga akan melakukan studi pengelolaan sampah ke desa lain. “Kita akan belajar ke desa-desa lain, bagaimana pengelolaan sampah yang bagus,” ungkapnya. (jay/ang/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook