Normalisasi Drainase Antisipasi Banjir Tahunan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 11 September 2019 - 12:18:43 WIB   |  dibaca: 42 kali
Normalisasi Drainase Antisipasi Banjir Tahunan

NORMALISASI : Warga Kelurahan Kalitimbang membersihkan drainase di Lingkungan Cibereko, Selasa (10/9).

CILEGON, BANTEN RAYA - Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber bersama warga melakukan normalisasi drainase di RT 03/RW 04, Lingkungan Ciberko, Selasa (10/9). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir tahunan yang sering terjadi karena banyaknya sampah di drainase.

Lurah Kalitimbang, Bahroni menyataan, normalisasi yang diadakan oleh pokmas merupakan yang kedua kalinya lewat program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel) atau dilakukan pada termin ke II. Saluran air yang poanjangnya kurang lebih 1,5 kilometer di lingkungan tersebut dibersihkan. Awalnya, saluran air tersebut penuh sampah dan dangkal."Memang wilayahnya rendah, sehingga kami antisipasi agar luapan air tidak terjadi," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Bahroni menyatakan, pada termin pertama juga sudah dilakukan normalisasi dan pembangunan drainase di Lingkungan Cibereko, sehingga diharapkan dengan penambahan drainase debit air bisa terpecah."Termin awal kami juga bangun dranase di RT4/RW3 ini dengan panjang 34 meter persegi. Harapannya ini bisa mngurangi debit air nanti," imbuhnya.

Sementara itu, Seklur Kalitimbang, Asep Muzayyin mengungkapkan, pada termin pertama sejumlah kegiatan sudah dilakukan dan selesai, yaitu Tembok Penahan Tanah (TPT) di Lingkungan Ciberoko 125 meter, drainase Lingkungan Gedung Baya 100 meter, Lingkungan Krotek 129 meter dan Lingkungan Cibereko 34 meter serta normalisasi di drainase Lingungan Ciberko.

Saat ini papar Asep, Pokmas tengah mengerjakan termin kedua diantaranya pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Lingkungan Cibereko dan TPT juga di Lingkungan Cibereko.“Sekarang pokmas sudah masuk pembangunan termin kedua. Diharapkan dalam waktu dekat juga sudah bisa terselesaikan,” ungkapnya.

Asep menyatakan, pihaknya meminta kepada Pokmas untuk melaksanakan pembangunan DPWKel sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis), sehingga pembangunan tidak menemui permasalahan kedepannya.“Kami terus mengingatkan. Pokmas ini mengelola dana pemerintah, sehingga harus dilakukan menurut aturan yang sudah dibuat,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook