Peserta Pospekab Diingatkan Soal Nasionalisme

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 12 September 2019 - 14:46:19 WIB   |  dibaca: 76 kali
Peserta Pospekab Diingatkan Soal Nasionalisme

BERLANGSUNG MERIAH : Bupati Serang Rt Tatu Chasanah memotong tali balon sebagai tanda dimulainya kegiatan Pospekab II tingkat Kabupaten Serang di Nurul Ilmi Darunnajah 14, Kecamatan Pabuaran, Rabu (11/9).

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospekab) III tingkat Kabupaten Serang. Kegiatan yang difokuskan di Ponpes Nurul Ilmi Darrunajah 14, Kecamatan Pabuaran tersebut diikuti oleh 22 ponpes dengan jumlah peserta 1.160 orang. Pada kesempatan itu para peserta diminta untuk terus memupuk rasa nasionalisme mereka.

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengatakan, Pospekab merupakan momentum yang tepat untuk membangun karakter para santri dan siswa-siswi di Kabupaten Serang. “Kita tahu dengan media sosial yang sangat terbuka dampak-dampak negatif bisa masuk ke anak-anak. Saya juga menyampaikan pesan ke mereka untuk terus memupuk rasa nasionalisme,” kata Tatu usai membuka acara, Rabu (11/9).

Ia menjelaskan, dengan tidak adanya batas antara negara anak-anak muda atau kaum millenial kerap menghujat negaranya sendiri di media sosial dan membangga-bangganak negara lain. “Kemudian saya juga berpesan agar supaya mereka punya rasa toleransi, tidak meilihat perbedaan-perbedaan karena di pondok pesantren ini saya tanya tidak semua anak Kabupaten Serang tapi banyak juga dari daerah lain,” ujarnya.

Tatu menuturkan, melalui kegiatan Pospekab tersebut para santri bisa berkumpul dan saling bersilaturahmi satu sama lain sehingga mereka bisa saling menyayangi antara yang satu dengan yang lainnya. “Yang paling penting lagi kegiatan ini untuk memupuk karakter sportivitas. Bersaing menjadi juara iya, tapi yang paling penting karakter sportivitas dan mengakui kemampuan dan kelebihan orang lain,” paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Suprijadi mengungkapkan, jumlah peserta Pospekab tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. “Yang mengikuti kegiatan ini 22 ponpes dari modern dan salafi dengan jumlah peserta sebanyak 1.160 orang. Kalau tahun lalu hanya diikuti delapan ponpes dengan jumlah peserta di bawah 400 orang,” kaya Yadi.

Adapun cabang yang dilombakan untuk olahraga sebanyak enam cabang, sedangkan untuk seni sebanyak 14 cabang. “Untuk cabang olahraga di antaranya hadang atau gobak sodor, futsal, bola voli, atletik, dan pencak silat. Untuk cabang seninya antara lain hadrah, kaligrafi, pidato tiga bahasa, dan irama islami. Kegiatannya sampai tanggal 15, untuk peserta semua menginap. Yang menjadi juara akan dikirim ke Pospeda tingkat provinsi akhir bulan ini,” tuturnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook