Arab Saudi Jajaki Investasi di Banten

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 12 September 2019 - 14:55:34 WIB   |  dibaca: 76 kali
Arab Saudi Jajaki Investasi di Banten

SEDANG DIKAJI : Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Ishom Ahmad Abid Ats-Saqofi (tengah) bersama Ketua DPRD Banten Andra Soni (kanan), Rabu (11/9).

SERANG, BANTEN RAYA – Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Ishom Ahmad Abid Ats-Saqofi berkunjung ke DPRD Provinsi Banten, Rabu (11/9). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai rangkaian penjajakan negara minyak itu untuk berinvestasi di Banten.

Pantauan Banten Raya, Ishom Ahmad Abid Ats-Saqofi mendatangi DPRD sekitar pukul 11.00 WIB usai menghadiri kuliah umum di UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni dan anggota DPRD Fraksi Gerindra Anda Suhanda yang selanjutnya bertindak sebagai penerjemah.Dalam kesempatan itu, dibahas beberapa penjajakan peluang kerja sama. Diantaranya terkait kebudayaan, program studi banding hingga investasi.

Ketua Sementara DPRD Provinsi Banten Andra Soni usai pertemuan mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya tak diagendakan sebelumnya. Meski demikian, pihaknya menyambut baik karena bisa berkesempatan untuk membahas sejumlah agenda, salah satunya terkait peluang investasi di Banten."Kami senang sekali, tentu kami menerima dengan terbuka dan banyak diskusi kita tadi terkait dengan perkembangan Islam di Banten, serta situs Islam di Banten. Kita juga ceritakan tentang Banten Lama dan sayang waktunya sangat terbatas," ujarnya.

Politikus Gerindra itu menuturkan, secara kelembagaan DPRD Banten sangat terbuka dan menyambut baik peluang kerja sama investasi yang ditawarkan. Hasil pertemuan kemarin juga akan disampaikan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi ke kamar dagang di negara asalnya untuk dilakukan kajian.

"Mereka berjanji akan menyampaikan kepada kamar dagang di negaranya untuk melakukan sebuah kajian dan terhadap peluang usaha di Provinsi Banten. Dengan semangat persahabatan mereka juga bertanya banyak tentang kira-kira apa yang bisa mereka support untuk Banten, khususnya dengan pemerintah Arab Saudi," katanya.

Pria asal Kota Tangerang itu memastikan, siap meluangkan waktunya jika ke depannya pihak Arab Saudi ingin kembali berdiskusi soal penjajakan kerja sama tersebut. Andra yakin kesempatan itu akan datang mengingat pembicaraan yang dilakukan kemarin sangat terbatas oleh waktu. Dia juga ingin mengajak Duta Besar Arab Saudi ke tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Banten.

“Sebagai representasi dari Banten kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang tanpa terjadwal dan kondisi terbatas kami untuk berkunjung. Mudah-mudahan kunjungan yang mendadak tadi bermanfaat. Mereka tersendiri yang berkunjung ke kita harapannya tentu kunjungan tadi bermanfaat untuk kita semua," tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Banten dari Fraksi Gerindra Anda Suhanda mengungkapkan, awalnya Duta Besar Arab Saudi ingin bertemu dengan Gubernur Banten. Akan tetapi yang bersangkutan ada kegiatan lainnya, terlebih pertemuan itu belum terjadwal."Betul, mereka (rombongan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi) tadinya mau ketemu gubernur, karena belum teejadwal (jadi) tidak bisa," ungkapnya.

Inti dari pertemuan tadi adalah bahwa Duta Besar Kerajaan Arab Saudi akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluang kerjasama dengan Provinsi Banten. Tidak hanya industri tapi juga di bidang lainnya seperti pariwisata hingga pendidikan.

"Jadi mereka akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluangnya. Mereka juga akan memberikan referensi kepada para donatur di luar kelembagaan yang mencari tempat untuk membangun masjid serta gedung pendidikan Islam. Referensi di Provinsi Banten tentu kita akan men-support dan akan memermudah," pungkasnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook