Gedung Juang Akan Dijadikan Museum

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 13 September 2019 - 15:04:24 WIB   |  dibaca: 60 kali
Gedung Juang Akan Dijadikan Museum

BERSEJARAH : Suasana Gedung Juang 45 di Jalan Ki Masjong, Kota Serang, Kamis (12/9). Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui usulan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) rencananya akan menjadikan tempat ini menjadi Perpustakaan Tematik.

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang berencana menyulap Gedung Juang '45 menjadi perpustakaan tematik. Usaha ini dilakukan guna semakin memperbanyak jumlah perpustakaan di Kota Serang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan bahwa berdasarkan program RPJMD 2009-2023 yang telah disusun pihaknya akan mengusulkan Gedung Juang '45 menjadi perpustakaan tematik.“Rencananya Gedung Juang akan kita revitalisasi dengan konsep perpustakaan tematik,” kata Wahyu, Kamis (12/9).

Wahyu mengatakan, idenya adalah dengan memasukkan unsur perpustakaan untuk anak-anak dan umum serta beberapa ruangan yang akan digunakan untuk membaca. Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga akan menyiapkan ruangan untuk patung lilin kepala daerah dan pahlawan nasional.“Juga ada ruangan untuk diorama dengan beberapa tema yang ditampilkan,” katanya.

Wahyu menyatakan bahwa ide pembangunan perpustakaan ini saat ini sedang dikaji lebih dalam dengan menggandeng konsultan ahli. Ia juga nanti akan melibatkan Balai Cagar Budaya Banten karena Gedung Juang '45 merupakan gedung cagar budaya yang perlu kehati-hatian dalam memanfaatkan bangunan ini. “Agar penataan, penguatan, serta pemanfaatannya dapat lebih efektif dan efisien dan tidak melanggar nilai nilai cagar budaya,” katanya.

Wahyu berharap ke depan Gedung Juang '45 bisa menjadi ikon baru untuk masyarakat Kota Serang dalam upaya meningkatkan minat baca dan sumber literatur serta destinasi wisata yang akarnya adalah budaya, sejarah, dan ilmu pengetahuan.
 
Walikota Serang Syafrudin mendukung rencana yang disusun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang, termasuk pemanfaatan Gedung Juang '45 sebagai perpustakaan. Sebagai gedung yang berada di lokasi yang sangat strategis, karena berada di samping alun-alun, maka keberadaan perpustakaan ini akan sangat menarik. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook