Humas Penentu Opini Masyarakat

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 13 September 2019 - 15:05:28 WIB   |  dibaca: 37 kali
Humas Penentu Opini Masyarakat

PENGHARGAAN: Polda Banten memberikan penghargaan kepada media di Banten yang telah aktif memberitakan kegiatan-kegiatan kepolisian, Kamis (12/9).

SERANG, BANTEN RAYA- Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir mendesak Humas Polda Banten dan Polres Jajaran untuk lebih aktif memberikan informasi kepada masyarakat melalui media massa. Sebab, menurut Kapolda, humas menjadi penentu opini masyarakat agar tidak salah mendapatkan informasi.

"Polisi berpikir tidak mau menjadi bagian humas. Itu dulu, sekarang humas sangat menentukan opini masyarakat dan menentukan kebijakan organisasi. Oleh sebab itu, bagi rekan-rekan yang berdinas di humas harus diubah pola pikirnya," kata Kapolda Tomsi Tohir saat pembukaan Pelatihan Humas Polri tahun anggaran 2019, di aula Bappeda Provinsi Banten, Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Kamis (12/9).

Tomsi mengungkapkan, Humas di Polda Banten maupun Polres Jajaran mulai saat ini harus lebih aktif memberikan informasi kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat memercayai berita-berita yang tidak jelas informasinya.
"Kalau sudah 90 persen dilakukan, kekurangan 10 persen. Walau pun sudah bekerja keras, tapi kalau sudut pandang diambil dari 10 prsen, maka masyarakat tahu yang kekurangannya saja.  Tapi apa yang sudah kita lakukan baik itu malah tidak terlihat dan ini harus betul-betul kita sadari," ungkapnya.

Tomsi menegaskan di era kepolisian modern, senjata utama kepolisian yaitu kepercayaan masyarakat. Dengan menimbulkan simpati, maka masyarakat akan berperan aktif membantu tugas kepolisian dan juga kebutuhan sehari-hari yaitu ketertiban dan kelancaran."Jadi kemampuan individu bidang humas ini perlu ditingkatkan dan sangat menentukan. Bagaiman cara komunikasi, degan teman-teman media dan warga itu sangat menentukan," tegasnya.

Selain itu, Tomsi mengungkapkan, dengan adanya perkembangan pengaruh media yang semakin pesat, baik media sosial, maupun media lain. Ini juga merupakan tantangan humas.
 "Informasi beredar dapat mengarah pada sesuatu yang kurang objektif. Kecerdasan personel keaktifan untuk ikut update media sangat mempengaruhi keberhasilan fungsi humas," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Edy Sumardi mengatakan, pada kegiatan itu juga Polda Banten memberikan penghargaan kepada 13 media, baik nasional maupun lokal. Salah satunya penerima penghargaan yaitu harian umum Banten Raya.
 
"Penghargaan ini diberikan dalam rangka penghormatan Polda Banten kepada insan pers yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Polda Banten, melalui publikasi pemberitan kegiatan Polda Banten dan polres jajaran," katanya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook