DLHK Didesak Cepat Usut Keracunan

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 13 September 2019 - 15:18:10 WIB   |  dibaca: 58 kali
DLHK Didesak Cepat Usut Keracunan

MASIH DISELIDIKI: Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik saat meninjau kondisi siswa SMPIT Nurul Hikmah di Puskesmas Pasar Kemis, beberapa waktu lalu.

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang mendesak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang mempercepat proses penyelidikan kasus dugaan keracunan yang belasan santriwati SMPIT Nurul Hikmah.

Pemkab diminta segera menemukan penyebab keracunan yang dialami para santri hingga dua kali tersebut.Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Akmaludin Nugraha mengatakan, DLHK Kabupaten Tangerang harus menemukan penyebab sehingga tidak menjadi pertanyaan di tengah masyarakat.

Menurut politisi PDIP itu, Pemkab Tangerang harus menindak tegas jika ada aktivitas pabrik yang terbukti menjadi penyebab keracunan mssal. "DLHK dan Dinas Kesehatan harus segera mencari penyebab dugaan keracunan. Kalau memang ada industri yang menyebabkan keracunan para santriwati maka industrinya harus ditutup dan bertanggung jawab terkait keracunan," kata Akmaludin kepada wartawan di DPRD Kabupaten Tangerang, Kamis (12/9).

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pihaknya sudah mempercayakan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan Camat Pasar Kemis untuk menyelesaiakan persoalan keracunan yang menimpa santriwati SMPIT Nurul Hikmah. “Sedang ditindaklanjuti oleh tim, selama belum ada hasil kongkret dan jelas, lebih baik tidak menduga-duga, “ kata Zaki melalui telepon.

Terkait, desakan Ketua DPRD sementara Kabupaten Tangerang, yang meminta untuk mempercepat menemukan penyebab keracunan, Zaki juga berharap hal yang sama. Dia meminta tim DLHK, Dinkes dan Camat bisa segera menemukan penyebab keracunan santriwati. “Saya juga minta secepat mungkin dicari penyebabnya oleh DLHK," tutupnya.

Kepala Seksi (Kasie) Bina Hukum pada DLHK Kabupaten Tangerang, Susan Endi Kurniawati mengatakan, hasil laboratorium  lingkungan dan udara di sekitar SMPIT Nurul Hikmah masih belum keluar. Ditargetkan minggu depan hasil sudah keluar. "Kami masih nunggu hasil laboratorium. Kalau sudah ada hasil pasti kita umumkan," singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali murid dan guru di Sekolah Menegah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Hikmah, Kampung Bugel, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, mendadak dibuat panik.

Pasalnya, saat tengah melakukan proses belajar mengajar sebanyak 14 siswi keracunan. Mereka itu mengalami kepala pusing, perut mual, bahkan muntah-muntah. Beruntung, tindakan cepat diambil guru sehingga 14 siswa tersebut berhasil ditolong. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook