53 Cakades Datangi Bagian Hukum

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 13 September 2019 - 15:27:06 WIB   |  dibaca: 258 kali
53 Cakades Datangi Bagian Hukum

MENGANTRE : Para calon kepala desa antre di depan ruangan Bagian Hukum Pemkab Serang untuk membuat surat keterangan tidak pernah menjabat sebagai kepala desa tiga kali masa jabatan untuk keperluan pilkades, Kamis (12/9).

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 53 calon kepala desa (Cakades) dari berbagai desa di Kabupaten Serang mendatangi ruangan Bagian Hukum, Pemkab Serang, Kamis (12/9). Kedatangan mereka untuk membuat surat keterangan tidak pernah menjabat sebagai kepala desa selama tiga kali masa jabatan. Surat tersebut dibuat sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi mereka.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perundang-undangan Bagian Hukum Pemkab Serang Ilham Perdana mengatakan, surat keterangan tidak pernah menjabat sebagai kepala desa selama tiga kali masa jabatan wajib dibuat oleh para cakades. “Semua calon kades baik yang baru pertama kali mencalonkan diri maupun yang incumbent harus membuat surat keterangan ini,” kata Ilham, Kamis (12/9).

Ia menjelaskan, dalam mengeluarkan surat keterangan tersebut pihaknya melakukan kroscek terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang. “Kita tidak bisa mengeluarkan begitu saja, kalau setelah dikroscek yang bersangkutan benar belum pernah menjabat selama tiga kali masa jabatan baru kita buatkan,” ujarnya.

Ilham menuturkan, untuk membuat surat keterangan tersebut hanya dibutuhkan dua persyaratan yakni, surat keterangan dari panitia pemilihan kepala desa (pilkades) dan ijazah terakhir. “Untuk pembuatan surat keterangan ini sampai hari Rabu tanggal 18, baru setelah itu kalau diperlukan nanti diperpanjang tiga hari. Yang sudah membuat 53 orang dari berbagai desa,” paparnya.

Sementara itu, pilkades di beberapa desa disambut antusias dari masyarakat untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa, namun juga ada yang minim pendaftar. Seperti di Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu yang pendaftarannya mencapai enam orang. “Pada hari ketiga pendaftran calon kepala desa di Kramatwatu sudah ada sembilan.

Desa Kramatwatu enam orang, Desa Teluk Trate satu orang, Desa Pamengkang satu orang, Desa Tonjong satu orang, Desa Pegadingan empat orang, Desa Harjatani dua orang, Desa Lebakwana dua orang,” ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Kramatwatu Eko Soesilo.

Kemudian di Desa Wanayasa satu orang, dan di Desa Toyomerto satu orang. Eko memastikan tidak ada biaya pendaftaran yang dibebankan kepada para calon kepala desa. “Untuk yang lebih dari lima calonnya nanti ada seleksi di tingkat kabupaten. Untuk yang pendaftarnya baru satu mungkin yang lain belum mendaftar. Gratis untuk pendaftaran sesuai aturan perda,” katanya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook