Aparatur Desa Terjun Benahi Kampung Ampel

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 18 September 2019 - 13:21:13 WIB   |  dibaca: 115 kali
Aparatur Desa Terjun Benahi Kampung Ampel

CIKANDE – Warga RT 03 RW 01, Kampung Ampel, Desa Nambo Udik, Kecamatan Cikande, saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Berharap mendapat hasil maksimal, Sekretaris Desa Nambo Udik Guntur Syahrudin sampai turun tangan membantu warga Ampel.

Guntur Syahrudin mengaku, ada tiga alasan Pemerintah Desa Nambo Udik memilih RT 03 RW 01, Kampung Ampel, untuk berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Pertama, karena lingkungan Ampel paling rapi dibandingkan kampung lain di Nambo Udik. Kedua, Ampel didukung sumber daya manusia (SDM) yang cukup sadar menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya.“Yang ketiga, pusat Pemerintahan Desa Nambo Udik berada Kampung Ampel,” jelas Guntur kepada Radar Banten, Selasa (17/9).

Ia mengaku, pihaknya sudah mengajak warga Ampel untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan mereka. Kemarin siang, warga RT 03 bahu-membahu dengan perangkat Desa Nambo Udik dan pelajar.

“Sebelum ada lomba (Kampung Bersih dan Aman-red), warga Kampung Ampel sudah terbiasa melakukan gotong-royong membersihkan lingkungan. Maksimal satu bulan sekali dan minimal dua minggu sekali. Seperti membersihkan gorong-gorong dan parit-parit di samping jalan,” terang Guntur.

Pemerintah Desa Nambo Udik, lanjut Guntur juga mengajak warga Ampel melakukan penghijauan. Lingkungan perkampungan ini diharapkan lebih asri dan sehat. “Warga juga kami minta melakukan penghijauan di rumah masing-masing dengan tanaman bunga. Untuk penempatan tong sampah, satu tong sampah untuk tiga rumah,” ungkapnya.

Kegiatan ronda di kampung ini, diakui Guntur, rutin dilaksanakan warganya sesuai jadwal yang sudah disepakati. Peraturan tamu yang menginap 1×24 jam wajib lapor kepada pengurus RT juga diberlakukan. Soalnya, Nambo Udik merupakan daerah industri.

Oleh karena itu, pendataan warga pun rutin dilakukan. Setiap bulan, pengurus lingkungan dan Pemerintah Desa Nambo Udik berkeliling kampung mendata warganya. Tindakan ini sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Terutama oleh warga pendatang.

Ketua RT 03 RW 01, Kampung Ampel, Daeng mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh Lomba Kampung Bersih dan Aman. “Menang atau tidak, diserahkan kepada tim penilai,” ujarnya. (jay/ang/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook