FKPC Dirikan Koperasi

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 20 September 2019 - 12:40:48 WIB   |  dibaca: 81 kali
FKPC Dirikan Koperasi

DIBENTUK : Pembentukan Koperasi Cilegon Mandiri Sejahtera di salah satu hotel, Kamis (19/9).

CILEGON, BANTEN RAYA - Forum Komunikasi Pengusaha Cilegon (FKPC) meresmikan pendirian Koperasi Cilegon Mandiri Sejahtera, di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (19/9). Setelah koperasi berdiri, FKPC berencana mendirikan Warung Rakyat Sejahtera (Waras) di masing-masing kelurahan di Cilegon.

Ketua FKPC, Husen Saidan mengatakan, didirikannya Koperasi Cilegon Mandiri Sejahtera tersebut untuk melakukan ekspansi bisnis dan menunjang kebutuhan sehari-hari para anggota FKPC. Pada Desember 2019 ini, koperasi milik FKPC akan mulai membentuk warung. “Waras ini semacam minimarket yang jual berbagai macam produk, seperti sembako, dan kebutuhan lainnya. Jadi, nanti anggota FKPC bisa membeli barang di koperasinya sendiri,” kata Husen.

Dikatakan Husen, warung itu nantinya juga akan membantu pemasaran produk lokal, seperti makanan tradisional, dan hasil industri rumahan lainnya. “Nanti Waras kita targetnya tersebar di 43 kelurahan yang ada di Cilegon, kita juga rekrut tenaga yang bekerja dari warga sekitar,” jelasnya.Menurut Husen, bukan hanya untuk anggota FKPC, warung itu nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat luas. “Jadi dari kita untuk kita, untuk warga Cilegon pada umumnya,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Cilegon Mandiri Sejahtera, Dwikori mengatakan, dalam pendirian warung yang digawangi Koperasi Cilegon Mandiri Sejahtera, pihaknya akan berupaya memprioritaskan penjualan produk lokal. Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di Cilegon. “Kita dorong agar pengusaha kecil untuk maju, kita bantu pemasarannya,” akunya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Dinkop UMK) Kota Cilegon, Tatang Muftadi mengapresiasi FKPC yang berinisiatif mendirikan koperasi. Dengan didirikannya koperasi sejalan dengan visi misi Pemkot Cilegon untuk memantapkan kemandirian daerah. “542 koperasi di Cilegon sinergi dengan UMK. Kalau untuk pendirian, kita hanya merekomendasikan ke kementerian,” jelasnya.

Tatang menambahkan, perkembangan koperasi di Kota Cilegon saat ini cukup baik, apalagi didukung dengan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 40 Tahun 2018 tentang Gerakan Koperasi Sehat. “Dengan perwal ini, koperasi yang aktif semakin aktif, yang tidak sehat menjadi sehat,” tuturnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook