Kelurahan Gedong Dalem Sosialisasikan 3 M Plus

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 20 September 2019 - 12:44:49 WIB   |  dibaca: 98999 kali
Kelurahan Gedong Dalem Sosialisasikan 3 M Plus

PENYULUHAN : Sejumlah warga mengikuti penyuluhan PPSN 3 M Plus di Aula kelurahan, Kamis (19/9).

CILEGON, BANTEN RAYA - Pemerintah Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang menggelar Penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bagi kader, pengurus RT/RW dan pemuda. Mereka diingatkan untuk melaksanakan Progam 3 M Plus atau menguras tempat genangan air, menutup tempat genangan air, dan memanfaatkan barang yang dapat menjadi tempat sarang nyamuk, serta segala bentuk kegiatan pencegahan demam berdarah dengue (DBD).

Lurah Gedong Dalem, Alim Rahmadi menjelaskan, menghadapi musim hujan atau pancaroba berpotensi berkembangnya nyamuk dengue yang menyebarkan wabah DBD.
Pihaknya mengajak warga untuk menjadi Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dari masing-masing keluarga minimal 1 orang.

"Sebagai pemerintah, kami mengingatkan kembali warga karena setiap tahunnya menjelang musim penghujan ada potensi pengembangbiakan nyamuk DBD. Ini harus dicegah dengan pola hidup sehat dan bersih," katanya kepada Banten Raya, Kamis (18/9).

Alim menjelaskan, warga juga harus melakukan kerja bakti secara rutin, sehingga pencegahan bisa berjalan lebih maksimal.Ia berharap ada kesadaran kolektif dari warga, karena pencegahan menjadi kewajiban bersama."Kami imbau dan ini harus secara bersama dilakukan, sehingga potensi sarang nyamuk itu bisa hilang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jombang, Egi Sugina menyatakan, Program 3M Plus adalah menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air, lemari es dan lain-lain.

Lalu, menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, toren air, dan lain sebagainya, dan terakhir memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD.

Sementara untuk plusnya, lanjut Egi,  adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur dan aktifitas pencegahan lainnya.“Ini (Program 3M Plus) yang selalu dari dulu lebih efektif dibandingkan dengan fogging. Sebab, bisa memberantas telur dan jentik nyamuknya,” paparnya.

“Kesadaran untuk mencegah ini yang harus terus dilakukan. Aktifitas dan kesadaran dalam mengantisipasi yang dikedepankan. Sebab, DBD ini sangat berbahaya dan di kelurahan ini (Gedong Dalem-red) sudah ada 3 orang (DBD),” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook