Jangan Sembarangan, Ini 7 Benda yang Dilarang di Pesawat

syamsul Hadi   |   Wisata  |   Jumat, 20 September 2019 - 21:40:24 WIB   |  dibaca: 159 kali
Jangan Sembarangan, Ini 7 Benda yang Dilarang di Pesawat

Jangan Sembarangan, Ini 7 Benda yang Dilarang di Pesawat

Pesawat masih jadi moda transportasi pilihan utama banyak orang. Alasannya tentu karena soal waktu tempuh perjalanan yang jadi lebih cepat jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, seperti kereta, kapal laut, atau kendaraan roda empat. Dengan segala kelebihan yang ditawarkannya, rasanya enggak heran jika moda transportasi ini memberlakukan beberapa peraturan ketat, termasuk soal barang bawaan. Yap, setelah kamu  beli tiket pesawat Citilink dan memiliki jadwal keberangkatannya, kamu juga wajib memperhatikan barang apa saja yang hendak dibawa. Pasalnya, ada beberapa benda yang ternyata dilarang di pesawat. Apa saja?

Benda tajam dan senjata disimpan di tas bagasi terdaftarSegala benda tajam dilarang keras masuk ke kabin pesawat. Alasannya tentu untuk menghindari kejadian yang enggak diinginkan selama penerbangan berlangsung. Barang-barang yang dilarang masuk kabin adalah pemecah es, pisau, pemotong daging, silet, dan gunting dengan bilah yang panjangnya lebih dari 4 cm. Sementara benda yang termasuk katagori senjata adalah senjata panah, pelontar tembak, senjata semprot merica, repilika atau senjata imitasi, air soft gun (tanpa gas), ketapel, dan sejata mainan semua jenis. Enggak cuma itu, barang-barang seperti gunting kuku, pinset alis, dan pisau cukur yang notabene sering dipakai sehari-hari pun dilarang masuk ke kabin. Solusinya kamu harus memasukannya ke dalam tas bagasi terdaftar.

Benda tumpul wajib masuk bagasi terdaftar

Sama seperti benda tajam dan senjata, kamu juga wajib memasukkan benda tumpul masuk ke bagasi terdaftar. Beberapa benda tersebut adalah tongkat baseball, tongkat biliar, kail pancing, hingga peralatan bela diri dan benda tumpul yang berpotensi mencederai penumpang.

 Bahan peledak dan benda yang mudah terbakar

Semua bahan peledak, bahan kimia, dan semua barang yang mudah meledak sangat dilarang dibawa ke pesawat, baik itu ke dalam kabin atau bagasi terdaftar. Beberapa barang yang enggak boleh dibawa adalah zat korosif, bahan radioaktif, topi peledak, dinamit, flare, granat, kembang api, replika bahan peledak, aerosol, bahan bakar apa pun, bensin, obor gas, korek api, cat tipis, pemutih, klorin, dan juga cat semprot.

Barang-barang beraroma tajam

Selain beberapa barang yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga enggak boleh membawa barang-barang beraroma tajam seperti durian, nangka, dan terasi ke dalam kabin. Alasannya jelas, biar enggak mengganggu seisi kabin karena aromanya yang menyengat. Untuk mengakalinya, kamu bisa membawa barang-barang tersebut dengan memasukannya ke dalam bagasi pesawat. Meski begitu, makanan tersebut enggak bisa dibawa dalam jumlah yang banyak karena dikhawatirkan aromanya akan menyebar ke seluruh isi pesawat termasuk kabin.

Produk segar dan olahan dari hewan berpotensi menyebar bakteri

Meski sudah diolah, beberapa produk yang dihasilkan dari hewan umumnya memiliki bakteri yang berpotensi menginfeksi banyak orang, contohnya keju dan susu. Terlebih produk seperti susu segar dan daging segar yang mengandung patogen yang dapat menginfeksi.

Senjata api enggak boleh dibawa sembarangan orang

Masyarakat sipil sama sekali enggak boleh membawa senjata api ke dalam kabin. Alasannya jelas, hal tersebut dikahwatirkan bisa membahayakan penumpang di dalam kabin pesawat. Untuk membawa senjata api dibutuhkan surat izin khusus dan enggak sembarangan orang bisa membawanya ke mana-mana. Sementara untuk senapan udara yang terkompresi diizinkan diletakkan dalam tas bagasi terdaftar asalkan silinder udara terkompresi sudah dihilangkan.

Narkoba

Barang terakhir yang dilarang di dalam pesawat adalah obat-obatan terlarang atau narkoba. Enggak cuma dilarang di dalam pesawat, benda ini juga dilarang oleh negara. Jangan coba-coba untuk membawanya ke dalam pesawat atau bahkan menggunakannya kalau kamu enggak mau dipenjara. Itu dia barang yang dilarang di pesawat. Selain itu, kamu juga harus memeriksa ketentuan dari masing-masing maskapai, ya.

 

Profil syamsul Hadi

syamsul Hadi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook