Eks Gedung Setda Jadi Mal Pelayanan Publik

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Sabtu, 21 September 2019 - 12:03:21 WIB   |  dibaca: 426 kali
Eks Gedung Setda Jadi Mal Pelayanan Publik

KOSONG : Pengendara motor melintas di eks gedung Setda Pandeglang yang rencananya akan digunakan untuk mal pelayanan publik, Jumat (20/9).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Eks gedung Setda Kabupaten Pandeglang di Jalan Raya Satriawijaya-Kesehatan akan dijadikan mal pusat pelayanan publik. Gedung pelayanan satu atap ini akan melayani kebutuhan administrasi masyarakat yang mengurus perizinan maupun nonperizinan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang Girgi Jantoro mengatakan, gedung eks setda yang akan digunakan pusat layanan publik sudah dikosongkan lantaran akan dibenahi. "Dulunya gedung itu diisi oleh Satpol PP dan Kesbangpol, tapi sekarang sudah pada pindah, karena sebentar lagi gedung eks setda lama ini akan kita benahi untuk gedung pelayanan publik bagi masyarakat," kata Girgi, saat dijumpai di kantornya, Jumat (20/9).

Girgi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi gedung mal pelayanan publik, seperti DPMPPTSP, Diskomsantik, Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, Disnakertrans, Dinsos, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Pelayanan Pajak Daerah, dan Disdukcapil untuk membahas beroperasinya mal pelayanan publik di eks gedung setda.

"Sudah kami bahas dengan OPD terkait, karena sebelum program layanan itu diresmikan oleh ibu bupati (Irna Narulita), sekarang gedung eks setda ini harus dibenahi dulu," jelasnya. Girgi menilai, ada beberapa ruangan eks gedung setda yang harus dibangun.

"Gedung ini harus dilakukan penataan dulu karena harus ada ruang baca, ruang ramah untuk masyarakat, dan penataan 21 konter layanan untuk lantai satu dan lantai dua untuk tim pelayanan di beberapa OPD," terangnya. Menurutnya, setelah mal tersebut dioperasikan, nantinya akan memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai kepentingan, seperti pembuatan KTP, perizinan, kartu kuning, hingga pembayaran pajak.

"Konsepnya, memindahkan semua pelayanan publik dalam satu tempat, biar fokus. Jadi masyarakat nanti tidak terpecah saat mengurus kebutuhan administrasinya. Jadi adanya mal pelayanan publik dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," imbuhnya.

Kepala Bidang Telematika Diskomsantik Pandeglang Abdul Hadits Muntaha menuturkan, rencananya mal pelayanan publik diresmikan pada tahun 2020 mendatang. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan fasilitas penunjang kebutuhan pelayanan satu atap bagi masyarakat itu."Ibu bupati inginnya awal tahun 2020 pas ulang tahun Pandeglang. Sekarang kita lagi menyiapkan kebutuhan gedung layanan itu, baik internet maupun fasilitas lainnya," tuturnya.

Diterangkannya, konsep mal pelayanan publik dirancang hasil kunjungan Pemkab Pandeglang ke beberapa wilayah, seperti Banyuwangi, Surabaya, Bogor, dan Kota Tangerang. "Melalui kunjungan itu ibu bupati ingin mal itu diterapkan di Pandeglang agar mempermudah masyarakat dalam memberikan pelayanan," paparnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook