Tiga Polres Sudah Layani Smart SIM

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 25 September 2019 - 15:38:28 WIB   |  dibaca: 157 kali
Tiga Polres Sudah Layani Smart SIM

SMART SIM: Wadirlantas Polda Banten AKBP Mahesa bersama PJU Polda Banten mengenalkan Smart SIM kepada masyarakat, saat jumpa pers, kemarin.

SERANG, BANTEN RAYA- Tiga Polres di wilayah hukum Polda Banten yaitu Polres Serang Kota, Polres Cilegon, dan Polres Lebak sudah siap melayani pembuatan SIM model baru atau Smart SIM. Tak hanya baru dari segi tampilan, Smart SIM juga punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan SIM model lama.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Banten AKBP Mahesa Sudiwo mengatakan, pelayanan pembuatan SIM model baru ini bisa dikeluarkan bagi pemohon SIM baru atau yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM lama dan sudah bisa dilakukan di tiga Polres di wilayah Polda Banten.

"Untuk wilayah Polda Banten sendiri yang sudah siap sarana prasarana dan aplikasinya yaitu Polres Serang Kota kemudian Polres Lebak dan Polres Cilegon," katanya kepada Banten Raya usai menghadiri acara syukuran HUT ke-64 Lantas, di Mapolda Banten, Selasa (24/9).

Menurut Mahesa, ke depan untuk tiga Polres lainnya yaitu Polres Serang, Polres Tangerang dan Polres Pandeglang segera menyusul. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarananya."Smart SIM  ini bisa berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik seperti transaksi e-Toll dan pembayaran elektronik di beberapa supermarket," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahesa menambahkan Smart SIM sudah terintegrasi data secara elektronik. Dengan kata lain, bisa juga diakses melalui smartphone berbasis android. Untuk mengakses data-data di SIM pintas itu harus menggunakan aplikasi berupa Smart SIM."Untuk pembuatannya sama seperti pembuatan SIM model lama dan administrasinya juga sama tidak ada yang beda," jelasnya.

Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman Cipta Prawiran membenarkan jika pihaknya sudah memproduksi Smart SIM bagi masyarakat yang memperpanjang maupun mengajukan pembuatan baru, Senin (23/9). Pada hari pertama, kepolisian telah mencetak sedikitnya 113 Smart SIM."SIM baru sudah bisa cetak di lantas Kota Serang, sudah pakai material smart SIM yang baru," katanya.

Menurut Ali, untuk sementara waktu pembuatan Smart SIM hanya bisa dilakukan di kantor kepolisian, belum bisa dibuat di SIM keliling. Prosesnya pun sama dengan pembuatan SIM konvensinal. Namun material kartu SIM berbeda dengan material SIM lama yang berwarna biru."Secara fisik, surat izin berkendara baru itu dibagian belakang terdapat hologram tiga dimensi, jika digoyang-goyang, maka akan terlihat logo Korlantas dan Polri," ujarnya. (darjat/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook