Indah dengan Bunga Warna-warni di Ciborang

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 04 Oktober 2019 - 10:49:15 WIB   |  dibaca: 54 kali
Indah dengan Bunga Warna-warni di Ciborang

PABUARAN – Pemerintah Desa Cibeureum, Kecamatan Pabuaran, mengaku telah sukses membuat lingkungan RW 001, Kampung Ciborang, berbunga. Dengan tanaman berbunga ungu, merah, dan kuning di sepanjang jalan lingkungan, Ciborang siap dinilai dewan juri Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Pantauan Radar Banten, Kamis (3/10) siang, tanaman-tanaman dengan tiga warna bunga itu ditemukan di kanan dan kiri jalan lingkungan sepanjang 500 meter. Jalan atau gang ini berada di pinggir Jalan Raya Palima-Cinangka (Palka).

Pananaman bunga di sepanjang jalan Kampung Ciborang sebenarnya sudah dilakukan sejak 2015. Waktu itu, sejumlah warga menanamnya di pinggir jalan setelah proyek pembangunan dengan konstruksi beton rampung dikerjakan oleh Pemerintah Desa Cibeurerum.“Awalnya masih sedikit. Terus, warga juga belum serius merawatnya (tanaman bunga-red),” kata Sekretaris Desa Cibeureum Ahyar Fazarudin kepada Radar Banten.

Pada Agustus 2019 tanaman bunga mulai diperbanyak. Warga menanamnya di kanan dan kiri jalan lingkungan setelah kampungnya didaftarkan Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Warga melakukannya sesuai imbauan Pemerintah Desa Cibeureum. “Saya enggak tahu nama tanaman bunganya apa. Yang penting mah tumbuh bunga dan berwarna,” ujar Ahyar.

Pemerintah desa, lanjut Ahyar, juga mengajak warga Ciborang mengaktifkan kembali gotong royong membersihkan lingkungan. Ini dilakukan karena kerja bakti di kampung ini sempat vakum. Namun, setelah mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu, kegiatan gotong royong diaktifkan kembali. “Biasanya, bersih-bersihnya masing-masing (rumah warga-red). Sekarang rutin dilakukan bareng-bareng seminggu sekali,” jelas Ahyar.

Ia mengakui jika Ciborang belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba. Selain harus tersedianya sistem keamanan lingkungan (siskamling), setiap RW juga harus memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kita baru punya siskamling yang penjadwalannya aktif dan teratur,” ucapnya.

Ketua RT 05 RW 001, Kampung Ciborang, Ahmad membenarkan jika persiapan lomba di kampungnya telah maksimal. Menurutnya, pencapaian ini berkat kekompakan dan semangat gotong royong warga Ciborang. Saat ini, lingkungan kampung menjadi leboh bersih dan indah. “Alhamdulillah, warga antusias,” ungkapnya.

Ahmad optimistis, kampungnya bisa meraih hasil maksimal dalam perlombaan dengan tagline “Kampungku Bersih Kampungku Aman” itu. Namun, ia berharap, kesadaran warganya terhadap pola hidup bersih dan sehat tidak hanya muncul ketika ada lomba. Namun, tertanam selamanya. “Menang kalah itu mah biasa. Yang penting, kampung bersih dan aman,” pungkasnya. (mg06/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook