Lotte Bakal Butuh 15 Ribu Orang Pekerja

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:35:30 WIB   |  dibaca: 254 kali
Lotte Bakal Butuh 15 Ribu Orang Pekerja

AUDIENSI : General Manager (GM) PT LCI, Park Jong Do (kiri) didampingi Humas PT LCI, Nurman usai audiensi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Selasa (8/10).

CILEGON, BANTEN RAYA - PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) mengaku bakal membutuhkan 15 tenaga kerja untuk pembangunan pabrik kimia di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon tersebut. Lotte mengkalim telah mendapat izin untuk pengerukan pasir laut atau reklamasi dari pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Humas PT LCI, Nurman saat menghadiri audiensi yang dilakukan Persatuan Perjuangan Masyarakat Cilegon (PPMC) dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, di Gedung DPRD. “Seperti untuk masalah tenaga kerja, kita memang butuh sekitar 15 ribu orang, nanti kita akan ambil 70 dari warga lokal, selebihnya bisa dari luar,” ujar Nurman mendampingi General Manager (GM) PT LCI, Park Jong Do, kemarin.

Nurman mengatakan, saat ini apa yang diharapkan PPMC terkait kebutuhan tenaga kerja sudah mulai berjalan. Hanya saja, komunikasi memang harus terus dilakukan agar tidak ada perbedaan persepsi.

Terkait dana CSR, Nurman mengatakan, juga sudah berjalan meski masih dalam tahap konstruksi. Ke depan, bisa saja Ia menggandeng Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) dalam pengelolaan dana CSR agar bisa lebih tepat sasaran. “Terkait masalah lingkungan, seperti izin pengerukan pasir laut kita juga sudah terbit. Bulan ini akan mulai pengerukan pasir laut dan reklamasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Presidium PPMC, Isbatullah Alibasja dalam audiensi itu, mengatakan, pihaknya meminta audiensi agar PT LCI membuat komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat Kota Cilegon. Beberapa tuntutan yang disampaikannya ialah penyediaan lapangan kerja untuk pekerja lokal. Di saat pembangunan konstruksi yang akan berjalan, ada 15 ribu pekerja yang dibutuhkan. Ia meminta agar pekerja sebanyak 70 persen merupakan warga Cilegon.

“Saat pembangunan ini kan Lotte butuh sekitar 15 ribu tenaga kerja. Kami minta LCI untuk memprioritaskan warga Cilegon, selebihnya bisa dari luar Cilegon. Ketika, sudah selesai konstruksi, nanti hanya tinggal 1.000 pekerja yang dibutuhkan. Kami juga meminta hal yang sama 70 persen pekerja lokal,” kata Isbat ditemui di Gedung DPRD Kota Cilegon, Selasa (8/10).

Pria yang biasa dipanggil Isbat ini mengatakan, permasalahan penyediaan peluang usaha bagi pengusaha lokal juga harus dilakukan agar investasi triliunan rupiah tersebut dampaknya juga bisa dirasakan pengusaha Cilegon serta meningkatkan roda perekonomian di Cilegon.

Selain itu, pengelolaan dana CSR perusahaan harus tepat sasaran. “Selama setahun berjalan untuk pematangan lahan, LCI sudah memberikan CSR meski belum banyak. Kami berharap bisa tepat sasaran, dan bisa juga untuk bekerjasama dengan CCSR,” harapnya.

Dibangunnya pabrik kimia tersebut, kata Isbat, mitigasi bencana industri serta dampak lingkungan harus diperhatikan oleh perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) ini. Bukan hanya LCI, tuntutan-tuntutan tersebut juga seharusnya dilakukan oleh vendor-vendor yang ada di bawah PT LCI. “Komunikasi seperti ini harus terus dilakukan supaya tidak ada miss (kesalahan -red), baik Lotte dengan masyarakat, pengusaha, dan pemerintah,” cetusnya.

Ketua DPRD Kota Cilegon, Endang Effendi mengatakan, audiensi dilakukan agar tidak terjadi miss persepsi antara pihak perusahaan maupun masyarakat. Seperti tuntutan PPCM, terkait dana CSR misalnya, PT LCI sudah melakukan hanya saja agar tepat sasaran bisa bekerjasama dengan lembaga CCSR yang sudah dibentuk Pemkot Cilegon.

Selain itu, terkait permasalahan tenaga kerja yang akan memekerjakan tenaga kerja lokal juga diminta komitmennya. “Upaya mengakomodir tenaga kerja lokal untuk mengurangi pengangguran di Kota Cilegon. Agar investasi yang besar ini juga berdampak positif bagi Kota Cilegon,” ujarnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook