Siskamling Efektif, Bangkong Diklaim Aman

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:16:28 WIB   |  dibaca: 44 kali
Siskamling Efektif, Bangkong Diklaim Aman

CIKEUSAL – Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RW 02, Kampung Bangkong, di Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, berjalan efektif. Warga dibantu pemuda kampung rutin melaksanakan ronda malam. Mereka memanfaatkan empat pos kamling di lingkungan itu.

Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan, Pemerintah Desa Sukarame Bayi Sarifudin menyatakan, hal itu menjadi salah satu pertimbangan pemerintahannya menunjuk RW 02, Kampung Bangkong, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Ia pun menjamin keamanan lingkungan di kampung itu. Soalnya, ronda malam terjadwal dengan baik dan dilaksanakan oleh warganya.            

Empat pos kamling di sudut perkampungan yang strategis menjadi faktor pendukung. Pertimbangan lain, menurut Bayi, karena warga Bangkong kompak menjaga kebersihan lingkungannya.“Alhamdulillah, warga Kampung Bangkong kompak, rutin melakukan kerja bakti. Biasanya dilakukan setiap hari Minggu,” jelasnya kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten) di kantor Desa Sukarame, Rabu (9/10).

Kekompakan warga, menurut Bayi, membuat lingkungan Bangkong cukup bersih. Oleh karena itu, hanya perlu sedikit pembenahan agar Bangkong bisa bersaing dalam perlombaan dengan total hadiah senilai Rp900 juta itu.

Ketua RT 03 RW 02, Kampung Bangkong, Jamari membenarkan soal keamanan di kampungnya. “Biasanya, warga yang mendapat giliran jadwal (ronda malam-red) akan berkumpul di pos utama. Selanjutnya, bergerak ke pos lainnya sambil keliling kampung. Warga yang namanya tertera di jadwal siskamling wajib melakukan ronda. Pos (kamling-red) lainnya, biasanya diisi oleh pemuda yang secara sukarela berkumpul,” tuturnya.

Jamari juga tidak menampik kekompakan warganya dalam menjaga kebersihan kampung mereka. Kerja bakti mingguan dilaksanakan setiap hari Minggu dengan membersihkan jalan lingkungan, selokan, dan memotong rumput di pinggir jalan.“Ke depan, kami harapkan warga bisa meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan,” ujar Jamari. (rio/ang/don/ira)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook