OPD Diminta Isi Website

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:57:44 WIB   |  dibaca: 32 kali
OPD Diminta Isi Website

VISITASI : Ketua KI Provinsi Banten, Hilman bersama Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Achmad Jubaedi saat visitasi, kemarin.

CILEGON, BANTEN RAYA – Tim Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten melakukan visitasi ke Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon. Visitasi tersebut dalam rangka melakukan evaluasi penilaian soal keterbukaan informasi publik (KIP) yang di lakukan Pemkot Cilegon, utamanya seluruh Organsiasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Publik (PIK) Diskominfo Kota Cilegon, Atikoh menyatakan, adanya visitasi tersebut merupakan tahun yang ketiga dilakukan oleh KI Provinsi Banten. Diharapkan pada tahun ini Kota Cilegon bisa mendapatkan predikat yang baik soal keterbukaan informasi publik.

Visitasi tersebut juga untuk mengecek berbagai kelengkapan yang sebelumnya diisi melalui kuisioner milik KI Provinsi Banten.“Sekarang ini yang ketiga kami dilakukan visitasi. Ini untuk melihat apa yang sudah kami cantumkan dalam kuisioner yang sebelumnya diisi,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Ikoh -panggilan akrab Atikoh, menjelaskan, ada sejumlah hal yang dinilai perlu ditingkatkan dalam hal pelayanan informasi publik milik OPD, seperti profil dan juga realisasi program yang dilakukan OPD.“Masih ada temuan. Hal itu tentu akan terus dievaluasi untuk dikembangkan,” papar wanita murah senyum ini.

Dalam hal hasil, imbuh Ikoh, pihaknya berharap yang terbaik, sehingga predikat ifofatif bisa disandang Kota Cilegon. “Tidak hanya Diskominfo yang dinilai, namun semua OPD juga dinilai. Diharapkan bisa mendapatkan yang terbaik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Achmad Jubaedi mengatakan sejauh ini evaluasi dilakukan dengan total, dari mulai pembangunan fisik bangunan, sarana prasarana hingga website serta ditunjang dengan pelayanan aplikasi seperti Call Center 112 dan lainnya. Harapannya hal itu bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga, khususnya soal informasi publik.

"Sekarang sudah aktif (Website OPD) dan kami juga meminta semua OPD mengisi website-nya agar mudah diakses informasinya oleh masyarakat, serta terus melakukan peningkatan-peningkatan pelayanan informasi kepada masyarakat," singkatnya.

Sementara itu, Ketua KI Provinsi Banten, Hilman mengungkapkan, visitasi dilakukan dalam memonitoring dan evaluasi, baik sarana dan prasarana serta pelayanan yang dilakukan badan publik atau OPD. Pihaknya juga melakukan pengecekan website yang sudah ada di sejumlah OPD."Kami monitoring dan evaluasi kepatuhan badan publik soal keterbukaan informasi publik, seperti kuisioner, website badan publik pemerintah kabupaten/kota, termasuk Pemkot Cilegon hari ini," ungkapnya.

Hilman berharap semuanya pemerintah kota dan kabupaten bisa mendapatkan penilaian baik dengan predikat informatif, dengan catatan pelayanan keterbukaan informasi publik berjalan dengan baik kepada masyarakat.“Mudahnya publik mengakses informasi, kalau website sudah bagus diakses itu bagus, pelayanan yg bagus dan sarana juga cukup itu juga jadi penilaian," pungkasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook