Perdalam Teknik dan Matangkan Kekuatan

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Kamis, 10 Oktober 2019 - 12:14:55 WIB   |  dibaca: 29 kali
 Perdalam Teknik dan Matangkan Kekuatan

BERI ARAHAN : Ketua Umum Pengprov IPSI Banten Ajat Sudrajat (tengah) sedang memberikan arahan kepada para pesilat Banten yang akan berangkat ke ajang Pra PON di sela-sela latihan.

SERANG, BANTEN RAYA - Jelang menghadapi babak Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) cabang olahraga (cabor) pencak silat yang tinggal satu bulan lagi, membuat tim pelatih terus mematangkang kekuatan para pesilatnya. Saat ini, program latihan sudah memasuki tahap pra kompetisi.

Hal tersebut disampaikan Pelatih Kepala Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten Joko Suprihatno. Ia menjelaskan, Pra PON pencak silat dilangsungkan oleh Pengurus Besar IPSI pada 12 hingga 17 November di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Ia mengaku, para pesilat Banten tengah difokuskan pada fase pra kompetisi.

Di mana lebih banyak melakukan simulasi taktik strategi dan pemantapan teknik-teknik yang dikuasai oleh atlet itu sendiri.“Kita tinggal persiapan akhir sampai dua minggu ke depan. Kemudian jelang berangkat ke Jakarta, melakukan perbaikan fisik dan teknik,” jelas Joko.

Ia mengimbau kepada atlet untuk tetap fokus. Soalnya, Pra PON sekarang cukup berat bagi mereka. Karena penyisihan cabor pencak silat dibagi tiga zona, maka hanya juara pertama yang berhak berangkat ke PON XX 2020 Papua.“Itu sudah menjadi ketetapan dari KONI Banten. Bila tidak ada pembagian wilayah, ya peringkat pertama sampai tiga yang dikirim. Bila tiga zonasi, berarti sang pemenang yang diakomodir,” ungkapnya.

Banten sendiri di Pra PON terbilang masuk di grup yang relatif mudah. Berada di wilayah B bersama Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sulawesi Tenggara, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), dan Nusa Tenggara Barat.

“Kualitas semua provinsi yang ada di pool ini rata. Tinggal semangat dan doanya saja dari segenap insan pencak silat Banten. Serta, dukungan dari pemerintah dan swasta. Emas target utama kita apalagi Banten julukannya tanah para Jawara,” ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI Banten, Ajat Sudrajat.

Disinggung berapa jumlah pesilat yang bawa, Ajat menyampaikan ada 20 atlet. “Kuota dari KONI Banten sih hanya 13 atlet. Tapi saya tambah supaya Banten full tim,” tutupnya. (basyar/hendra)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook