Jalan Beton di Ciujung Damai, Bukti Kekompakan Warga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 11 Oktober 2019 - 10:28:32 WIB   |  dibaca: 19 kali
Jalan Beton di Ciujung Damai, Bukti Kekompakan Warga

KRAGILAN – Kekompakan warga RW 08, Perumahan Ciujung Damai, menjadi alasan kuat Pemerintah Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, memilih lingkungan ini mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Kekompakan warga ini dibuktikan dengan pembangunan dan penataan jalan beton di lingkungan ini secara swadaya.

Sekretaris Desa Kendayakan Lukman mengungkapkan, kekompakan warga Ciujung Damai juga terlihat dari setiap kegiatan gotong royong. “Gotong royong biasanya dilakukan satu bulan sekali dengan membersihkan halaman rumah, drainase, dan jalan lingkungan,” terangnya kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten) di kantornya, Kamis (10/9).

Pembangunan jalan lingkungan di Ciujung Damai, saat ini masih berlangsung. Menurut Lukman, proyek ini dibiayai dari iuran warganya. “Warga mengumpulkan dengan cara jimpitan. Setiap hari, warga menyisihkan Rp500 di tempat khusus,” terangnya

Kondisi lingkungan Ciujung Damai, diakui Lukman, membuat Pemerintah Desa Kendayakan tak banyak melakukan pembenahan. Pemerintah desa, sebutnya, hanya akan melakukan penghijauan. Warga akan diminta menaman tanaman dalam pot di halaman depan rumahnya.“Untuk masalah sampah, warga sudah membuangnya ke tempat penampungan sampah sementara yang disediakan di setiap RT di RW 08. Sampah yang sudah terkumpul, diangkut untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir,” urai Lukman.

Ketua RT 09 RW 08, Perumahan Ciujung Damai, Helmi menambahkan bahwa pada prinsipnya, warga Ciujung Damai menyambut baik Lomba Kampung Bersih dan Aman. Warga akan meningkatkan gotong royong membersihkan lingkungannya.Soal keamanan, lanjut Helmi, warga Ciujung Damai rutin ronda malam. “Babinsa dan bhabinkamtibmas juga rutin melakukan kunjungan ke warga, melakukan koordinasi perihal keamanan di kampung kami,” katanya. (jay/ang/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook