Tokoh Kartun Jadi Hiasan Jalan Kampung Pakem Tengah

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 11 Oktober 2019 - 10:32:00 WIB   |  dibaca: 17 kali
Tokoh Kartun Jadi Hiasan Jalan Kampung Pakem Tengah

PETIR – Gambar-gambar tokoh kartun akan menjadi hiasan di sepanjang jalan lingkungan di RT 01 RW 001, Kampung Pakem Tengah, Desa Petir, Kecamatan Petir. Lukisan ini jadi persembahan lingkungan ini mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Mulyadi, Ketua Pemuda Kampung Pakem Tengah, menjelaskan bahwa lukisan di jalan lingkungan berkonstruksi paving block itu akan dikerjakan oleh pemuda Pakem Tengah. Pelaksanaannya dilakukan setelah para pemuda bermusyawarah dengan Pemerintah Desa Petir.“Rencananya, kita akan menggambar kartun seperti Doraemon dan lain-lain. Biar kelihatan indah kampung kita,” ujar Mulyadi kepada Radar Banten, Rabu (9/10).

Bersama warga Pakem Tengah, lanjut Mulyadi, para pemuda akan membenahi kampungnya. Antara lain, pemagaran lahan kosong, penyediaan bak sampah, dan perbaikan pos ronda.Ia mengatakan, para pemuda di kampungnya juga aktif terlibat menjaga keamanan lingkungan. Pemuda rutin berkumpul di pos ronda setiap malam. Pos ronda di RT 01 berada di tengah perkampungan.

“Alhamdulillah, pemuda kita aktif. Hampir tiap malam berkumpul. Ngaliwet (makan bersama-red) di sini (pos ronda-red),” terangnya. “Kalau keamanan mah aman. Kami juga sering berkoordinasi dengan TNI (menyebut babinsa-red) dan polisi (menyebut bhabinkamtibmas-red) yang bertugas di desa,” sambung Mulyadi.

Ditemui di kantornya, Kepala Desa Petir Hambali mengakui jika pihaknya sudah menetapkan RT 01 RW 001, Kampung Pakem Tengah, sebagai perwakilan desa mengikuti perlombaan berhadiah total senilai Rp900 juta itu. Ia beralasan, lingkungan Pakem Tengah sesuai dengan kriteria penilaian lomba. “Sudah kita siapkan. Mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik,” harapnya.

Pengelolaan sampah di Pakem Tengah, diakui Hambali, masih dilakukan warganya secara tradisional. Tiap warga mengumpulkan sampah dan membakarnya di pekarangan rumah.“Ke depan, kita tinggal menyiapkan bak sampah. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” katanya. “Insya Allah, kita akan mengikuti anjuran bupati,” pungkas Hambali. (fdr/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook