Bank Sampah Bakal Hadir di Pasirbinong

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 12 Oktober 2019 - 10:39:43 WIB   |  dibaca: 26 kali
Bank Sampah Bakal Hadir di Pasirbinong

KRAGILAN – Pendirian bank sampah menjadi rencana Pemerintah Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, untuk mengelola sampah rumah tangga di RW 02, Kampung Pasirbinong. Program ini untuk mendukung perkampungan tersebut mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kepala Desa Dukuh Ali Zainal Abidin mengaku, pemilihan Pasirbinong mengikuti perlombaan itu karena infrastruktur di kampung ini cukup lengkap dan bagus. Antara lain, jalan lingkungan dengan konstruksi beton dan saluran irigasi. Kekompakan warganya membersihkan lingkungan dan ketersediaan pos ronda juga menjadi alasan Pemerintah Desa Dukuh.

“Kita masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan lomba ini. Untuk kegiatan kebersihan lingkungan, belum kita lakukan karena padatnya kegiatan di desa,” kata Ali saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten) di kantornya, Jumat (11/10).

Soal bank sampah, Ali menjelaskan, akan dikelola oleh pihak desa. Nantinya, sampah yang memiliki nilai ekonomi akan dipilih disetorkan oleh warga kepada bank sampah. Lalu, pihak desa sebagai pengelola bank sampah, akan menggantinya dengan uang atau barang untuk memenuhi kebutuhan warga.

Pemerintah Desa Dukuh, lanjut Ali, tak hanya akan mendirikan bank sampah. Agar sampah di Pasirbinong terkelola dengan baik, pemerintah desa juga akan membuat bak penampungan sampah sementara. Ali mengaku akan berkoordinasi tentang teknis pengangkutan sampah dari Pasirbinong dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang. “Selama ini, masyarakat membuang sampah dengan cara dibakar,” ungkap Ali.

Soal keamanan Pasirbinong, ia menyatakan, cukup terjamin meskipun ronda malam dilakukan warganya satu minggu sekali. Bhabinkamtibmas dan babinsa juga rutin mengunjungi dan mengontrol kegiatan siskamling di Pasirbinong. “Dengan adanya lomba ini, kita akan tingkatkan keamanan lingkungan (Pasirbinong-red),” pungkas Ali. (jay/ang/don/ags)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook